Brilio.net - Tempat angker yang terkenal dengan makhluk halus tidak hanya identik dengan bangunan kuno, lama tak terpakai alias terbengkalai. Namun, terdapat beberapa tempat yang masih digunakan, hotel, misalnya. Beberapa hotel yang masih beroperasi di Indonesia terkenal angker karena banyak cerita hal berbau mistis yang dirasakan oleh pengunjung hingga karyawan hotel tersebut.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/10), tujuh hotel yang terkenal angker dan memiliki cerita mistis.

1. Hotel Niagara, Malang

7 Hotel angker di indonesia, berani nginap di sana?

Hotel dikenal paling berhantu di Tanah Air yang pertama adalah Hotel Niagara, Malang. Konon hotel ini di huni oleh sejumlah makhluk gaib yang sering menampakkan wujudnya. Bahkan, konon menurut pengakuan masyarakat sekitar, para hantu yang menghuni hotel yang berdiri sejak tahun 1918 ini selalu meneror pengunjung. Sudah banyak orang yang mengakui keangkeran hotel ini, bahkan menurut penuturan salah seorang penduduk dulunya pernah ada seorang pria yang diteror oleh hantu wanita berwujud noni Belanda sampai ia jatuh sakit beberapa minggu.

2. Hotel Inna Garuda, Yogyakarta

7 Hotel angker di indonesia, berani nginap di sana?

Kota Yogyakarta dikenal sebagai kota yang memiliki pesona kebudayaan yang sangat kental, bahkan Yogyakarta pun dikenal sebagai kota pusat pendidikan di Indonesia. Namun di balik kedua hal tersebut Jogja pun punya beberapa bangunan yang dikenal dengan fenomena hantu yang sangat mengerikan, salah satunya adalah hotel mewah Inna Garuda.

Hotel ini sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Di hotel ini konon punya satu kamar yang paling berhantu, yaitu kamar 911 dan 912. Menurut penuturan beberapa orang pengunjung dan juga pekerja hotel, pada malam hari pintu kamar tersebut kerap terbuka dengan sendirinya.

Salah seorang pengunjung yang mengaku pernah menginap di kamar tersebut mengatakan bahwa ia pernah mendengar suara-suara aneh yang sangat menakutkan, bahkan ia juga melihat langsung sebuah kursi yang bergoyang dengan sendirinya. Kamar 911 dan 912 dulunya sering menjadi kamar istimewa untuk Jenderal Sudirman, kini kamar tersebut menjadi kamar favorit bagi para pecinta dunia gaib.

3. Hotel Indonesia, Jakarta

7 Hotel angker di indonesia, berani nginap di sana?

Ibu Kota Jakarta pun tak luput dari fenomena dunia gaib, seperti yang kita ketahui ada beberapa daerah yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para hantu. Salah satunya adalah Hotel Indonesia. Hotel berbintang pertama di Indonesia ini pun memiliki segelintir kisah menyeramkan. Kisah tentang hantu wanita berparas cantik yang mengenakan gaun putih merupakan kisah horor yang paling terkenal di hotel ini. Ada banyak saksi yang mengaku pernah bertemu langsung dengan hantu ini, konon makhluk gaib tersebut sering menampakkan dirinya di lorong hotel dan juga lift.

4. Hotel Grand Aquila, Bandung

7 Hotel angker di indonesia, berani nginap di sana?

Hotel Gran Aquila merupakan salah satu hotel termewah dan termegah di Bandung. Hotel ini sangat terkenal dengan fasilitas dan pelayanannya yang sangat memanjakan para pengunjung. Tapi, di balik itu semua, hotel ini pun dikenal dengan kejadian-kejadian aneh yang pernah dialami oleh beberapa pengunjung, mulai dari suara ketukan pintu, suara-suara aneh dari balik jendela sampai keran air yang terbuka sendiri.

5. Hotel Tugu, Malang

7 Hotel angker di indonesia, berani nginap di sana?

Hotel ini dikenal sangat seram, salah satu alasannya karea keberadaan sebuah lukisan wanita yang sangat lawas. Wanita di dalam lukisan tersebut adalah Oei Hui Lan, putri dari pria terkaya di Asia Tenggara pada abad ke-19, Oei Tiong Ham. Oei Hui Lan selalu mendampingi ayahnya berdagang ke berbagai negara dunia, hingga akhirnya menikah dengan Wellington Koo, yaitu salah satu duta besar China.

Oei Hui Lan sempat menceritakan kisah hidupnya dalam sebuah buku berjudul No Feast Last Forever sebelum meninggal dunia pada tahun 1992 di usia 93 tahun. Lukisan di Hotel Tugu ini merupakan salah satu peninggalan Oei Hui Lan, namun tidak diketahui siapa yang melukisnya. Nah, yang membuat Hotel Tugu menyeramkan adalah lukisan wanita di dalam lukisan itu seperti menatap ke arah kamu secara terus menerus.

6. Hotel Inna Samudera, Pelabuhan Ratu

7 Hotel angker di indonesia, berani nginap di sana?

Hotel Inna Samudera menawarkan berbagai kenyamanan dan fasilitas kepada para pengunjungnya. Namun bukan hal itu yang membuat hotel ini istimewa dan menarik banyak pengunjung ke sana, melainkan sebuah kamar misterius bernomor 308. Kamar tersebut disediakan pihak hotel sebagai tempat peristirahatan Nyai Roro Kidul, sehingga tidak disewakan sebagai kamar penginapan seperti kamar-kamar lainnya.

Meskipun tidak disewakan untuk menginap, kamar ini tertata dan terawat dengan baik untuk menyenangkan sang ratu pantai. Nuansa kamar pun diatur sedemikian rupa dengan dominasi warna hijau yang dipercaya sebagai warna favorit Roro Kidul.

7. Hotel Majapahit atau Hotel Orange, Surabaya

7 Hotel angker di indonesia, berani nginap di sana?

Satu-satunya hotel di Surabaya yang sudah ada sejak zaman dahulu. Hotel ini sering dipakai pembesar Belanda jika menginap di Surabaya. Karena gedungnya yang sangat klasik dan sampai sekarang hanya dipugar sederhana untuk menjaga orisinalitas. Jika kamu menginap di sana, dan malam-malam berjalan di koridor, kamu tidak akan diperbolehkan oleh pegawai hotel. Kenapa? Karena konon di sana sering terjadi penampakan hantu Belanda sedang berdangsa dan berjalan-jalan di koridor hotel.