Brilio.net - Berbicara tentang memiliki kartu kredit atau tidak selalu membuat pendapat pro dan kontra. Namun, di balik pendapat itu, sebenarnya kartu kredit memberikan banyak keuntungan. Pasalnya hampir seluruh kegiatan transaksi di kehidupan sehari-hari bisa dilakukan dengan mudah dan efisien jika kamu memiliki kartu kredit. Tak heran kalau kartu kredit kini bukan lagi sekadar gaya hidup tetapi kebutuhan masyarakat perkotaan.

Ada banyak kelebihan dan fitur menarik yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan kartu kredit. Beberapa poin di bawah ini yang sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/1), bisa menjadi pertimbangan kamu harus siap sedia kartu kredit:

1. Bisa bertransaksi di seluruh dunia

Tak cuma buat gaya, 7 alasan ini sebab kamu perlu miliki kartu kredit

foto: meteofinanza.com

Loading...

Negara-negara di dunia memiliki mata uang yang berbeda dengan Indonesia, sehingga jika kamu berkunjung ke sana dan ingin berbelanja harus terlebih dahulu menukarkan uang. Namun apa yang terjadi jika kamu nggak sempat menukarkan mata uang Indonesia (Rupiah) ke uang lokal negara yang ingin kamu tuju? Hal semacam ini yang membuat kartu kredit sangat diperlukan. Kartu kredit adalah alat pembayaran universal yang berlaku di seluruh dunia. Dimana pun kamu berada, transaksi akan selalu mudah.

2. Alternatif alat pembayaran

Tak cuma buat gaya, 7 alasan ini sebab kamu perlu miliki kartu kredit

foto: Equarius Hotel - Deluxe Room Interior/rwsentosa.com

Buat kamu yang punya hobi ke luar negeri entah untuk liburan atau urusan pekerjaan, pasti bakal banyak transaksi yang dilakukan. Salah satunya jika kamu akan pergi ke Singapura dan memutuskan untuk menginap di salah satu hotel berbintang di Resort World Sentosa dan belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya, kartu kredit jadi hal yang harus kamu persiapkan selain melakukan pemesanan kamar hotel jauh-jauh hari.

Saat check-in, kamu akan diminta untuk memberikan sejumlah uang untuk deposit. Tenang, uang deposit akan dikembalikan kalau kamu nggak melakukan pembelian selain tarif menginap kamar. Nah, kalau kamu belum sempat menukarkan uang dengan mata uang di negara tujuan, kamu bisa melakukan deposit dengan menyerahkan kartu kredit.

"Kalau nggak sempat menukar uang, kartu kredit bermanfaat saat pembayaran sejumlah uang untuk deposit, kata Amran (26), jurnalis salah satu media online di Jakarta yang sudah setahun memakai kartu kredit.

3. Dapat banyak manfaat dari barang promo dan diskon

Tak cuma buat gaya, 7 alasan ini sebab kamu perlu miliki kartu kredit

foto: mexicoinstitute.wordpress.com

Promo dan diskon jadi dua hal yang bikin cewek kalap belanja. Hal ini yang dijadikan perhatikan khusus bagi para bank penerbit kartu kredit. Mereka mengeluarkan banyak program belanja dengan cara menjalin kerja sama dengan ritel-ritel tertentu dan membuat kesepakatan berupa diskon atau promo bagi para pengguna kartu kredit.

Nah, siapa tahu bank penerbit kartu kredit kamu bekerja sama dengan merek dan pusat perbelanjaan tertentu di Singapura? Namun, sebaiknya tetap bijak dan perhitungkan dalam berbelanja. Karena setiap pemakaian kartu kredit tentu diiringi dengan pembayaran setelahnya.

4. Nggak perlu ribet bawa banyak uang tunai

Tak cuma buat gaya, 7 alasan ini sebab kamu perlu miliki kartu kredit

foto: coindesk.com

Memiliki kartu kredit memberikan kenyamanan dan keamanan tersendiri. Kamu nggak perlu ribet membawa uang tunai atau harus mengambil uang di ATM, namun kamu masih bisa melakukan berbagai transaksi keuangan. Selain itu, semisal kamu kehilangan kartu kredit, pengamanan kartu tersebut juga semakin meningkat karena sudah dilengkapi PIN layaknya ATM. Jadi menjaga satu kartu lebih mudah daripada menjaga beberapa lembar uang.

5. Nitip barang juga bisa lebih mudah

Tak cuma buat gaya, 7 alasan ini sebab kamu perlu miliki kartu kredit

foto: Ismarlina Mokodompit/Brilio.net

Resort World Sentosa yang terletak di Pulau Resor Sentosa di Singapura jadi salah satu destinasi tujuan wisatawan. Di dalamnya terdapat taman bermain Universal Studio, dimana kamu bisa menikmati berbagai wahana seru dan bikin nagih karena nggak cukup hanya sekali dicoba.

Selain keseruan berbagai macam wahana, salah satu fasilitas yang bisa kamu nikmati adalah jasa penitipan barang. Terdengar sederhana memang, tapi buat kamu yang bawa barang banyak dan nggak mau menganggu keseruan saat bermain, kamu wajib banget menitipkan barang bawaanmu.

Menariknya dan jelas berbeda dengan penitipan barang di Indonesia, saat ingin menitipkan barang kamu harus memiliki kartu kredit kalau nggak punya nominal uang kecil dolar Singapura. Dengan bantuan mesin, kamu bisa nitip barang dengan lebih mudah.

6. Permudah nyewa faslitas di taman bermain

Tak cuma buat gaya, 7 alasan ini sebab kamu perlu miliki kartu kredit

foto: rwsentosa.com

Seluas 49 hektar, Resort World Sentosa dijamin bikin kamu gempor kalau jalan kaki apalagi cuma sendirian nyobain taman bermain Universal Studio. Duh, ngenes! Nah, biar nggak capek-capek dan uang tunai emang lagi mepet, kamu bisa sewa scooter dengan menggunakan kartu kredit. Buat pasangan muda yang membawa bayi tercinta tapi nggak mau capek juga bisa menyewa stroller bayi di Universal Studio.

7. Menikmati promo dan diskon dari hotel

Tak cuma buat gaya, 7 alasan ini sebab kamu perlu miliki kartu kredit

foto: Equarius Hotel/rwsentosa.com

Nggak cuma keinginan belanja yang bisa terlampiaskan kalau kamu punya kartu kredit, promo dan diskon juga bisa kamu dapatkan dari hotel tempat kamu menginap di Resort World Sentosa hingga atraksi wahana permainan di Universal Studio.

"Official card Resort World Sentosa adalah MasterCard, jadi bisa dapat promo dari hotel hingga tiket atraksi. Pengguna kartu kredit Indonesia seperti BCA dan Citibank juga ada promo khsusus yang bisa dicek terlebih dahulu di website kami," ujar Anggi Permatasari Murniali, Executive Resort Marketing kepada brilio.net di Singapura, Jumat (15/1) lalu.