Brilio.net - Sejak beberapa waktu lalu, netizen dunia cukup diributkan dengan foto yang menyebut sungai terkotor ada di Indonesia. Foto yang diunggah oleh Fanspage The World pada 1 Maret lalu itu banyak dishare oleh netizen.

"Citarum River in Indonesia, considered to be the most polluted river in the world," tulis Fanspage The World pada caption foto tersebut.

Foto tersebut lantas menjadi banyak perbincangan di dunia internet dan mendapat ribuan share dan respon. Tapi tak sedikit netizen asal Indonesia yang menyanggah hal itu. Sebagai bukti, pemilik akun Facebook Ananda Yuslam Budiman lantas mengunggah link sebuah blog milik Dennis Villegas yang mengunggah foto yang sama persis dengan foto yang diunggah Fanspage The World.

Pada postingan blog dennisvillegas.blogspot.co.i tertanggal 8 Maret 2009, tertulis sebuah artikel yang menceritakan tentang keadaan Estero de Paco, anak sungai yang mengalir pada sungai utama Pasig River.

Pada tulisan berjudul Estero de Paco: Life Along the River, dituliskan, "I have observed that the water of the Estero de Paco is now slimy, thick, and dark-colored, with floating garbage of all kinds (plastic materials, household wastes), animal carcasses, and human feces. The garbage in the river has become so thick that rats are able to run on top of it--chased by cats. The river and its surrounding areas has a very hideous odor."

Loading...

Menurut tulisan Dennis Villegas, Estero de Paco adalah salah satu dari ribuan sungai tercemar di seluruh dunia yang terletak Paco Public Market. Di sebelah kirinya terdapat sebuah bangunan Gereja Katolik Paco.

Meskipun Sungai Citarum memang banyak dikenal sebagai sungai terkotor, netizen Indonesia yang tahu jika foto tersebut bukan Sungai Citarum tak terima dan membagikan link blog tersebut.

"This is not Citarum River Indonesia. This is Pasig River Manila, Philiphina," tulis akun Facebook Ayi Yuniar.

Nah, berikut foto-foto Estero de Paco yang diambil dari blog Dennis Villegas. Klik next: