Brilio.net - Pagelaran Buku Jogja (PBJ) 2016 menawarkan suatu konsep mendapatkan buku tanpa harus ke luar uang yang dinamai Barter Buku. Konsep ini adalah salah satu layanan kepada para pecinta buku. Caranya, kamu menawarkan dengan mengunggah buku yang akan dibarter di fans page PBJ. Selanjutnya kamu bisa melihat-lihat buku yang diunggah orang lain di fans page tersebut. Jika ada buku yang membuatmu tertarik maka bisa langsung komentar di postingan tersebut.

"Kami mengundang mereka di sini untuk melakukan barter buku, meeting point-nya adalah di sini (PBJ)," terang Ade Anggraini, koordinator acara PBJ 2016 kepada brilio.net, Senin (7/3).

Cara simpel ini bikin kamu dapat buku bagus tanpa bayar, apa ya?

Ade mencontohkan layaknya pertukaran kambing dengan beras. Meskipun harganya berbeda, namun atas dasar kebutuhan maka barter dapat terjadi.

"Jadi tidak melihat nilainya. Makanya mereka harus melakukan peng-upload-an foto dulu. Nanti bagaimana dengan si pemilik buku, kalau tidak mau maka tidak terjadi transaksi," terangnya.

Lanjut Ade, metode ini sudah pernah diterapkan di kalangan 'orang-orang buku', namun tanpa proses unggah terlebih dahulu.

"Mereka ada komunitasnya, dateng bawa buku masing-masing, pas kami bilang barter dibuka, yang satu bilang 'saya mau yang ini', yang lain bilang 'saya mau ini'. Jadinya tarik-tarikan. Nah supaya tidak terjadi kegaduhan seperti itu diarahkan untuk meng-upload foto buku dulu," pungkas Ade.

Gimana menurutmu? Kamu bisa juga menerapkannya di komunitasmu lho Guys!