Brilio.net - Ada belasan penerbit yang mengisi stan Pagelaran Buku Jogja (PBJ) 2016 yang diselenggarakan di Balai Pamungkas di Jalan Yos Sudarso, Yogyakarta. Area penjualan buku dibagi menjadi tiga, yaitu kawasan obralan di halaman luar gedung, kawasan reguler di bagian tengah gedung, dan kawasan lawasan (roekoen warga) yang menjual buku-buku lawas berada di dalam gedung sisi belakang. Acara ini diadakan sejak 3 hingga 9 Maret 2016.

PBJ 2016 juga menghadirkan Bursa Naskah, lho. Jika kamu memiliki naskah yang siap diterbitkan bisa mencoba membawanya ke sini. Konsep Bursa Naskah mirip dengan job fair.

"Kamu bawa naskah nanti ada beberapa penerbit. Lalu kamu serahkan naskah, kalau penerbit tersebut tertarik dengan naskahmu maka naskah diambil. Jadi kayak kamu melamar pekerjaan. Jadi kamu bawa CV, kamu taruh CV-nya. Diterima atau tidak itu urusan penerbit," terang Ade Anggraini koordinator acara kepada brilio.net, Senin (7/3).

Di Bursa Naskah yang direncakan diadakan pada dua hari terakhir acara tersebut, calon penulis perlu mengetahui segmentasi penerbit sehingga tahu bukunya cocok di penerbit yang mana saja.

"(Penulis) harus tahu juga, jangan karena punya naskah yang penting naskah diterbitkan, itu juga nggak bisa. Mungkin selama ini kan kayak gitu. Udah berkali-kali ke penerbit tapi ditolak, mereka tidak tau alasannya, karena jelek atau segmennya tidak pas," tambahnya.

Jika tidak berkesempatan hadir, maka alternatif lainnya adalah menjual buku secara indie dengan modal sendiri. PBJ memfasilitasi calon penulis dengan mengadakan demo dan workshop pembuatan buku yang akan digelar pada Selasa, (8/3) siang. Di situ akan dijelaskan proses sebuah buku dari penulisan sampai diterbitkan.

Selain itu, PBJ 2016 menawarkan Bursa Desain Cover Buku. Beberapa penerbit yang telah memiliki naskah siap cetak akan memublikasikan judul dan sinopsis buku. Siapa pun dapat mengikutinya. Satu orang dapat membuat beberapa desain cover untuk beberapa judul buku. Penerbit nantinya yang akan memilih desain cover yang layak dipakai.

Ada pula Lomba Meme PBJ 2016 bertema 'Membaca dan Belajar' yang akan ditutup pukul 20.00 WIB pada Selasa, (8/3). Peserta bisa mengirimkan sebanyak-banyaknya ke fans page PBJ. Meme akan disortir dan yang diunggah dinyatakan telah memenuhi syarat untuk mengikuti perlombaan. Pemenangnya adalah 4 orang dengan total 'Like' terbanyak. Jumlah 'Like' dihitung dari fans page PBJ maupun unggahan melalui Instagram personal yang disertai tagar #pagelaranbukujogja.