Brilio.net - Tetris adalah sebuah permainan puzzle yang tergolong sederhana. Walaupun begitu, efek positif dari bermain tetris ternyata nggak bisa dianggap remeh.

Studi yang dilakukan Mind Research Network di New Mexico, Amerika Serikat menunjukkan permainan tetris bisa meningkatkan kekuatan otak.

Dilansir oleh brilio.net dari wired.com, Minggu (17/1), bermain tetris secara reguler dapat meningkatkan kecerdasan otak pemain dan meningkatkan daya pikir.

Penemuan yang dimuat dalam laporan yang diterbitkan oleh jurnal BMC Research Notes ini dibuat setelah eksperimen melibatkan beberapa gadis remaja yang diminta untuk bermain tetris selama satu setengah jam selama tiga bulan.

Hasil scan mengungkapkan perubahan struktural di beberapa bagian otak mereka yang berhubungan dengan gerakan, pemikiran kritis, penalaran, bahasa, dan pengolahan.

Para ilmuwan dari Mind Research Network di New Mexico, Amerika Serikat, juga percaya bahwa memainkan tetris bisa meningkatkan 'efisiensi mental'. Selain itu juga dapat membantu memerangi penurunan mental yang terjadi akibat penuaan.

Tetris sendiri dibuat oleh progammer asal Rusia, Alexey Pajitnov, pada tahun 1984. Sampai sekarang menjadi salah satu permainan komputer paling populer di dunia.