Brilio.net - Spesies ular pipa baru-baru ini ini ditemukan di Singapura oleh sekelompok tim peneliti. Ular tersebut kemudian diberi nama latin Cylindrophis mirzae yang diambil dari nama dosen Institut Pertanian Bogor (IPB), Mirza Kusrini.

Ketua tim peneliti, Thasun Amarasinghe melalui akun Facebooknya mengumumkan hasil temuan mereka. "Kami baru saja menemukan spesies Cylindropis (ular pipa) dari Singapura, dan diberi nama Cylindrophis mirzae yang diambil dari nama Herpetologis Indonesia, Mirza Kusrini untuk mengapresiasi kesetiakawanan dan dukungannya. Dan juga dedikasi dan kontribusi penting yang dia lakukan untuk konservasi herpetologis dan ekologi di Indonesia," ujarnya seperti dikutip brilio.net, Sabtu (13/6).

Herpetologi merupakan cabang ilmu zoologi yang berkaitan dengan studi amfibi (termasuk katak, kodok, salamander, kadal air, dan gymnophiona) dan reptil (termasuk ular, kadal, amphisbaenids, kura-kura, terrapins, buaya, dan tuatara). Selain menjadi dosen IPB, Mirza Kusrini juga aktif sebagai herpetologis dan anggota IUCN Species Survival Commission Amphibian Specialist Group.

Jurnal yang diterbitkan di Amphibian and Reptile Conservation itu mengkaji sejumlah spesimen Cylindrophis yang disimpan di museum Eropa dan Indonesia menggunakan morfologi dan karakter meristic, serta warna. Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan dua spesies baru yang diberi nama Cylindrophis jodiae sp nov dari Vietnam dan Cylindrophis mirzae sp nov dari Singapura.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

BACA JUGA:

Seorang ibu pasang iklan mencari 'ayah sementara' untuk anaknya

Tulisan-tulisan bikin ngakak ini hanya bisa kamu temui di tempat kost

Ayah ini ingin 6 anaknya disuntik mati

Kenapa donat bolong di tengah? Ini jawabannya

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut

Ini alasan mengapa bayi harus sering kamu ajak ngobrol

Ramuan teh ini dipercaya bisa bikin wanita lebih panjang umur

(brl/pep)