Brilio.net - Menjadi mahasiswa adalah salah satu fase hidup yang pasti dilalui oleh sebagian orang. Perubahan status dari siswa menjadi mahasiswa tentu memiliki arti tersendiri bagi yang mengalami. Banyak hal yang mungkin berubah sehingga menuntut kemampuan untuk beradaptasi dengan keadaan. Salah satunya adalah menjadi perantauan, dan itu adalah pilihan.

Buat mahasiwa rantau, pasti pernah atau bahkan sering merasakan yang namanya homesick. Apalagi jika hasrat ingin pulang itu tak tersampaikan, bagaimana rasanya? Berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakoni jika gagal pulkam (pulang kampung) pas lagi homesick.

1. Telepon orangtua

Alternatif yang satu ini sepertinya paling laris dilakoni jika gagal mudik. Menelepon keluarga, kerabat, terutama ibu dirumah adalah obat yang cukup mujarab untuk meredam rasa kangen.

2. Kunjungi saudara

Loading...

Yang ini bisa kamu coba jika kamu kebetulan memiliki kakak yang cukup dekat dengan kamu. Seperti pengalaman Dyah (19), mahasiswi rantau asal Palembang yang kebetulan adalah anak bungsu dan anak gadis satu-satunya. "Biasanya sih aku minta nasehat ke abang sekalian curhat," tuturnya.

3. Refreshing

Kala bosan melanda, sepertinya refreshing menjadi alternatif yang paling cocok jika gagal mudik. "Biar nggak makin bosan karena cuma di kos aja ya jalan-jalan, refreshing bareng teman," ungkap Fani (19), mahasiswi asal Blora.

4. Jalan bareng pacar

Buat yang kebetulan sudah nggak jomblo lagi, bisa nih ajak maen si pacar biar nggak terus kebayang sama rumah. "Kalau aku sih pilih jalan bareng sama kesayangan," kata Aprilia Kartika Sari (19) sambil tersipu malu.

5. Main ke rumah/kos pacar

Nah... kalau yang ini bisa banget dijadiin alternatif kalau lagi pas nggak bisa mudik plus kantong lagi cekak. Seperti yang dialami Angga (19), "mendingan sih main ke rumah pacar, bisa ngobrol bareng sharing-sharing," terangnya.

6. Jelajah kota perantauan

Buat yang punya hobi ekplorasi hal baru, bisa nih coba praktekin pengalaman Enggar (19). "Dari pada bosan dan nggak ada kegiatan, menjelajah kota itu menyenangkan. Jadi bisa lebih mengenal kota rantau," tukasnya.

7. Habiskan waktu dengan teman kos

Cewek, biasanya kalau lagi sedih atau bosan sukanya makan trus ngegosip bareng. Salah satunya Nina (19), "enaknya sih makan aja deh, kuliner bareng temen sambil ngegosip," terangnya sambil tertawa.

8. Dengerin musik

Yang hobi dengerin musik dan cenderung cuek dengan sekitar bisa nih dicoba. "Ambil hoodie, pasang earphone, terus jalan keliling sampai capek, pulang langsung tidur," ungkap Rosi (19) mahasiswa rantau di ibukota.

Jadi, kamu termasuk yang mana nih?