Brilio.net - Penggunaan lensa kontak atau contact lenses saat ini sedang banyak digandrungi oleh anak muda. Bahkan menurut suvei Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau US Centers for Disease Control and Prevention, sebanyak 41 juta orang Amerika menggunakan lensa kontak untuk beraktivitas sehari-hari.

Namun, tak banyak dari para pengguna lensa kontak ini tahu bagaimana akibat jangka panjang yang disebabkan oleh penggunakan lensa kontak. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, seperti yang dilansir brilio.net, Kamis (20/8), hampir semua pemakai lensa kontak tidak mengetahui bahwa akan terjadi iritasi mata jika mereka tidak menggunakan lensa kontak dengan benar dan bahan yang tepat.

Survei yang dilakukan terhadap 1.000 pengguna lensa kontak pada usia 18 tahun ke atas ditemukan beberapa fakta yang mengejutkan. Sebanyak 87% mengaku pernah tidur dengan posisi masih memakai lensa kontak, hampir 85% pernah mandi dengan lensa kontak, 61% mengaku pernah berenang menggunakan lensa kontak dan masih ada sepertiga dari mereka membilas lensa kontak dengan air keran rumah bukan dengan cairan pembersih lensa yang disarankan.

Jadi kesimpulan dari survei ini adalah masih banyak sekali orang yang menggunakan lensa kontak belum menyadari bahaya yang sedang mengintai kesehatan, khususnya kesehatan mata. Oleh karena itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyarankan beberapa hal bagi para pengguna lensa kontak. Apa saja? Cek berikut ini.

1. Jangan pernah tidur dengan menggunakan lensa kontak, kecuali mendapat persetujuan dari dokter mata
2. Lepas lensa kontak saat mandi atau berenang
3. Bersihkan lensa kontak dengan cairan pembersihnya, jangan sembarang dengan air biasa
4. Ganti lensa kontak setiap 3bulan sekali
5. Segera lepas lensa kontak saat merasa tidak nyaman, gatal, mata merah dan penglihatan mulai kabur.

Nah, semoga kamu semakin smart ya dalam menggunakan alat bantu melihat sekaligus aksesoris yang satu ini.

Laporan: Aprilia Nurohmah