Brilio.net - Mekkah sejatinya tak pernah sepi setiap tahunnya. Setiap hari akan ada ratusan jemaah dari seluruh dunia yang melaksanakan ibadah umrah. Salah satu ritual yang wajib dilakukan para jemaah ada tawaf yakni mengelilingi kakbah sebanyak 7 kali.

Namun baru-baru ini publik dikejutkan dengan sebuah video pendek yang menunjukkan seorang jamaah pria sedang melakukan tawaf namun menggunakan segway bukannya jalan kaki seperti kebanyakan orang. Pria itu dengan santainya menaiki segwaynya berkeliling kakbah di lantai dua.

Segway sendiri merupakan kendaraan listrik menyerupai skateboard dengan dua roda dan bisa dikendalikan sesuai keinginan pemakainya. Kelakuan nyentrik pria ini tentunya mengundang pro-kontra di kalangan netizen karena dianggap tidak sopan dan aneh.

"Ini tidak adil, jika Anda dapat berjalan mestinya anda melakukan tawaf dengan berjalan kaki seperti lainnya, ini tidak sopan," ujar salah satu netizen seperti dikutip dari arabnews, Rabu (2/9). "Berjalan kaki memang sunnah dan diperbolehkan memakai kursi roda jika sakit. Namun kalau masih sehat dan pakai segway kurasa itu salah dan malas," tambah pengguna Twitter Masoodraw.

Meski begitu tak sedikit juga yang membela jamaah tersebut. "Mengapa semuanya bilang pria yang naik segway itu tawafnya tidak dihitung? Nabi saja melakukan tawaf dengan mengendarai unta, jadi?" bela akun twitter ItsAmatullah.

Loading...

Sementara itu salah seorang ulama bernama Maulana Najeeb Qasmi Sambhali mengemukakan pendapatnya bahwa hal tersebut diperbolehkan.

"Hal itu boleh-boleh saja, tidak masalah dengan hal itu, sama seperti orang yang menggunakan kursi roda. Namun hal ini dilarang jika merugikan jamaah lainnya seperti menghalangi jalan, menabrak lainnya atau menciptakan rasa takut bagi jemaah lain," terangnya.