Brilio.net - Bicara tentang bendera Indonesia semua pasti akan dengan bangga menyebut Merah Putih. Merah melambangkan keberanian dan putih berarti suci. Namun tahukah kamu mengapa bendera Indonesia berwarna merah putih? Ternyata ada sejarah panjang yang dilalui untuk mencapai warna kebanggaan Indonesia itu.

Sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, nun jauh ratusan tahun silam, ternyata bendera merah putih sudah pernah dikibarkan saat zaman kerajaan. Menurut kitab Pararaton, bendera merah putih pernah berkibar saat tentara Jayakatwang dari kerajaan Kadiri berperang melawan kerajaan Kertanegara dari Singosari pada tahun 1292.

Dalam kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca disebutkan bahwa bendera merah putih pernah digunakan dalam upacara hari kebesaran raja Hayam Wuruk pada tahun 1350 hingga 1389.

Selain itu warna merah putih juga dominan pada hiasan kereta kerajaan. Banyak yang bilang saat itu warna merah putih merupakan warna yang dimuliakan oleh kerajaan Majapahit.

Tak berhenti di situ saja, di bawah kepemimpinan Sultan Agung, para tentaranya juga berperang dengan panji-panji warna merah saat melawan Pati pada tahun 1613-1645 menurut Babad Mentawis.

Bendera merah putih juga berkibar di tanah Batak dan Aceh saat itu untuk melawan kekuasaan Belanda. Pangeran Diponegoro sendiri juga pernah menggunakan panji berwarna merah putih saat perang jawa (1825-1830).

Menjelang kemerdekaan, para mahasiswa Indonesia di Eropa semakin berani mengibarkan bendera merah putih pada 1922. Kemudian bendera merah putih mulai diperkenalkan secara resmi sebagai bendera kebangsaan Indonesia saat kongres sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928.

Bendera merah putih mulai disahkan sebagai bendera kebangsaan Indonesia melalui sidang pertama PPKI untuk menetapkan Undang-Undang Dasar 1945 pada 18 Agustus 1945.

Pengesahan itu terdapat pada pasal 35 yang menyebutkan bahwa "Bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih".