Brilio.net - Bukan rahasia lagi kalau saat ini pasar Indonesia memiliki banyak sekali produk yang sangat beragam. Tapi ironisnya mayoritas produk-produk yang ada di pasar Indonesia tadi adalah produk-produk asing, bukan produk dalam negeri. Bisa dibuktikan betapa populernya produk minuman teh dari Thailand dan Malaysia dibanding es cendol Indonesia, atau betapa digilainya pancake dibanding serabi. Hal inilah yang kemudian membuat seorang Muhammad Fathoni Hamzah tergerak untuk kembali memperkenalkan produk tradisional.

Pria yang biasa dipanggil Toni ini, sejak awal 2015 lalu menjalankan bisnis kuliner yang mengusung salah satu jajanan khas Indonesia yaitu rengginang. Kalau biasanya rengginang hanya dapat kita temukan di desa dan hanya pada saat-saat tertentu seperti Lebaran, Toni dan timnya berusaha membawa rengginang menjadi jajanan modern.

"Saya memang ingin mengangkat produk-produk lokal yang masih asing di mata anak muda, salah satunya rengginang. Dan saya berusaha mengemas produk tersebut jadi lebih modern agar bisa disukai remaja, tak hanya orang tua," cerita Toni pada brilio.net, Selasa (16/6).

Untuk pemasarannya sendiri Toni juga menggunakan media sosial yang memang sedang digandrungi muda-mudi. Toni yang merupakan sarjana biologi Universitas Brawijaya Malang ini mengaku bahwa sasaran dari produk yang diberi brand Rengginangaja ini memang mereka yang berdomisli di kota, karena memang misinya adalah membawa jajanan desa ke kota.

Saat ini Toni dibantu oleh dua orang rekannya dalam menangani bisnis rengginang ini. "Ke depannya saya dan tim juga akan mengangkat makanan tradisional lain seperti misalnya madumongso. Karena sebagai orang Indonesia sudah seharusnya kita mencintai produk sendiri yang nggak kalah enak dari makanan-makanan asing."

BACA JUGA:

Menikmati sajian tradisional tapi mewah, spageti belut

Meski tradisional, kompor anglo tanah ini berbahan bakar uang

Kini jamu tradisional hadir sebagai resep obat di Puskesmas lho

Kuliner tradisional Jawa Barat ini jadi sajian primadona delegasi KAA

Manisnya gatot tiwul Mbah Hadi, jajanan tradisional legendaris Jogja

Jajanan jadul es gosrok, cara makanya pelan-pelan takut pecah

Evolusi Anak Mas, jajanan legendaris jadul

Bukan jajanan biasa, bakso warna-warni ini berbahan lele, buah & sayur