Brilio.net - Para pelajar SMA selepas UN tentunya dihadapkan pada dua pilihan. Bagi yang memiliki dana lebih tentunya bisa segera melanjutkan kuliah, namun bagaimana dengan yang memiliki kondisi ekonomi terbatas dan harus menghidupi keluarganya? Ya, kerja adalah satu-satunya jalan keluar.

Namun kamu pasti berpikir perusahaan mana ya yang mau memperkejakan lulusan SMA saja, sementara yang sarjana saja masih banyak yang menganggur?. Eits jangan salah, lulusan SMA ternyata juga sangat dibutuhkan lho di dunia kerja. Berikut brilio.net kumpulkan 7 pekerjaan yang menjanjikan buat kamu hanya dengan modal ijazah SMA.

1. Polisi

Untuk menjadi seorang polisi ternyata bisa dilakukan oleh lulusan SMA. Dengan persyaratan tertentu seperti nilai rapot SMA, tinggi dan berat badan proposional dan sanggup mengikuti pelatihan dalam jangka waktu tertentu. Bagi kamu yang ingin bercita-cita sebagai polisi bisa segera mendaftar karena saat ini Polri tengah membuka pendaftaran calon polisi mulai dari 8 April 2015 hingga akhir April.

2. Masinis

Loading...

Kamu suka naik kereta api? Nah kenapa tidak mencoba melamar menjadi masinis? Menjadi masinis tidak harus memiliki pendidikan tinggi lho, minimal lulusan SMA juga bisa. Tes masinis biasanya terdiri dari administrasi, kesehatan, wawancara, dan psikologi. Untuk mengetahui info pendaftaran masinis, kamu bisa kunjungi laman resmi PT Kereta Api Indonesia di www.rekrut.kereta-api.co.id.

3. Pegawai bank

Hah memangnya bisa lulusan SMA kerja di bank? Bisa dong. Beberapa bank di Indonesia biasanya membuka program magang satu tahun bagi lulusan SMA dan SMK untuk dilatih menjadi teller dan customer service. Asyik kan?

HOT NEWS: Sarung, di Indonesia buat sholat, di Mesir malah jadi bahan tertawaan

4. Operator mesin pabrik

Bagi kamu lulusan Sekolah Teknik Mesin (STM), tentunya keberadaanmu akan sangat dibutuhkan oleh pabrik-pabrik besar. Di sana kamu akan menjadi operator mesin pabrik yang bertugas mengontrol mesin-mesin pabrik. Ssst gajinya cukup besar lho apalagi jika bisa masuk pabrik multinasional.

5. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Nah ini dia pekerjaan yang diidam-idamkan kebanyakan mertua di indonesia. Lulusan SMA pun ternyata juga bisa menjadi PNS ya walaupun nanti pangkat golongannya rendah, masih bisa ditingkatkan lagi dengan kuliah sambil bekerja. Beberapa jabatan PNS yang bisa diduduki oleh lulusan SMA adalah pranata keuangan, pengelola laboratorium, teknisi elektronika hingga sipir penjara.

6. Staf operasional perusahaan

Beberapa perusahaan besar terkadang memang menacari tenaga SMA untuk dipekerjakan sebagai seorang staf yang bertugas mengerjakan tetek bengek laporan perusahaan. Gaji yang ditawarkan pun kadang bisa tinggi hampir menyamai gaji seorang sarjana.

7. Marketing

Yap pekerjaan sebagai marketing atau sales kebanyakan tidak membutuhkan pendidikan tinggi. Yang dibutuhkan hanyalah skill berkomunikasi yang bagus dengan konsumen. Jika kamu sudah memiliki banyak pelanggan, niscaya pundi-pundi bonus akan kamu miliki.

HOT HOT HOT NEWS:

Misteri tempat yang ditunjuk Patung Pancoran

Dokter ini sebut bisa prediksi umur manusia! Begini caranya

Jangan pernah panaskan kembali 6 makanan ini, tak baik bagi kesehatan

Dunia metal geger oleh aksi lipsync 4 anak kecil ini!

Inilah asal usul kenapa huruf pada keyboard tidak urut abjad!