Brilio.net - Pisang merupakan salah satu buah yang digemari oleh semua lapisan masyarakat dan berbagai usia. Harganya yang relatif terjangkau dan mudahnya ditemukan menjadi salah satu penyebabnya. Ada banyak jenis pisang yang ada di Indonesia. Berbagai jenis pisang tersebut ternyata telah terkumpul sebanyak 246 jenis pisang di Kebun Plasma Nutfah Pisang yang ada di Jogja.

Dari ratusan jenis pisang yang berasal dari berbagai daerah Indonesia hingga mancanegara itu ternyata ada banyak keunikan. Di antara pisang unik yang ditemui brilio.net Kamis (14/5) di kebun tersebut yaitu:

1. Pisang genderuwo

Wah kok bisa ya pisang dinamai genderuwo? Apa jangan-jangan pisang ini kesukaan genderuwo? Pisang ini dinamai genderuwo karena penampakan buahnya yang besar dan merah kehitaman yang dianggap mirip dengan genderuwo.

Buah ini nama aslinya pisang potho merah. Merupakan pisang asli Yogyakarta. Warna batangnya semu merah gelap. Buah ini kini sangat jarang ditemui di pasaran.

2. Sangga buwana merah, jantung pisangnya berdiri terus

Kalau kamu lihat pohon pisang yang sedang berbuah, jantung pisang dan buah pisangnya pasti menggantung. Tapi hal itu nggak berlaku buat pohon pisang ini. Pohon pisang sangga buwana merah ini jantung dan buah pisangnya berdiri.

Pohon pisang ini tak sebesar pisang pada umumnya, tingginya hanya maksimal 200 cm dengan diameter 4-8 cm. Buahnya juga kecil-kecil berwarna merah hati. Tapi buah ini tak bisa dimakan lho! hanya digunakan sebagai pisang hias.

3. Pisang monyet

Tak ada keterangan jelas mengapa pisang ini dinamakan pisang monyet. Pisang ini merupakan pisang dengan jenis pohon yang kecil. Daunnya dipenuhi dengan bercak merah. Karena pohonnya kecil, buah yang muncul dari pohon ini juga kecil.

4. Pisang raja seribu

Buah pisang ini juga berukuran kecil. Manisnya tak semanis pisang-pisang pada umumnya. Diberi nama pisang raja seribu karena pisang ini merupakan jenis pisang raja yang berbuaha sangat lebat.

Saking lebatnya, buahnya bisa sampai menyentuh tanah. Buah ini pun tak banyak dikembangkan sebagai buah pisang yang dijual karena ukurannya yang kecil membuat buah ini tak banyak dilirik. Buah ini lebih banyak menjadi buah hias pada acara-acara.

5. Pisang ambon lase

Pohon pisang ini juga bisa dikatakan ajaib karena sekali berbuah, pohon pisang ini bisa mengeluarkan dua tandan. Ukuran buahnya pun cukup besar seperti buah pisang yang biasa dihidangkan. Jadi nggak usah heran jika di kemudian hari ada buah pisang yang mengeluarkan dua tandan pisang, kemungkinan besar itu adalah buah pisang Ambon lase.

Nah, itu dia beberapa pohon pisang yang mempunyai keunikan. Selain itu pastinya masih banyak pohon pisang yang mempunyai keunikan tersendiri. Atau barangkali kamu pernah lihat pisang yang punya keunikan?

BERITA TERKAIT:

Terlengkap se-Asia Tenggara, kebun pisang di Jogja tanam 346 jenis

Pisang ajaib & langka, bisa muncul seribu buah dalam satu tandan

(brl/swh)