Brilio.net - Pisang merupakan salah satu buah yang paling familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Di pasaran, muncul berbagai jenis pisang dengan bentuknya yang berbeda-beda. Biasanya, tiap daerah mempunyai pisang khas yang berbeda dengan daerah lain.

Jika kamu ingin melihat berbagai jenis pisang yang ada kamu nggak perlu datangi tiap-tiap daerah, cukup ke Jogja saja. Di Jogja ada Kebun Plasma Nutfah Pisang yang mempunyai koleksi pisang terlengkap bukan hanya se-Indonesia, tapi se-Asia Tenggara. Wow!

Kebun Plasma Nutfah Pisang yang ada di bawah pengelolaan pemerintah Kota Yogyakarta ini terletak di Jalan Lingkar Selatan, Malangan, Giwangan, Umbulharjo, Jogja. Hanya sekitar 1 km dari Terminal Giwangan Jogja.

Kepala UPT Pelayanan Pertanian dan Perikanan Desperindagkoptan Kota Yogyakarta, Bambang Widiatmoko mengungkapakan bahwa kebun tersebut sudah mulai dirintis pada 1988 oleh wali Kota Jogja saat itu. Ketika itu telah mulai dilakukan pengumpulan, pemeliharaan, dan penyebarluasan koleksi berbagai jenis pisang.

"Mulai tahun 2004, Kebun Plasma Nutfah Pisang ini dikukuhkan Kementerian Pertanian Indonesia sebagai kebun koleksi pisang terlengkap se-Indonesia, bahkan kini se-Asia Tenggara. Sekarang kebun ini juga dikukuhkan sebagai pusat pisang nasional," terang bambang Widiatmoko kepada brilio.net, Rabu (13/5).

Loading...

Terlengkap se-Asia Tenggara, kebun pisang di Jogja tanam 346 jenis

Karena telah dikukuhkan menjadi pusat pisang nasional, maka sarana prasarana pendukung pun semakin dilengkapi. Kini kawasan Kebun Plasma Nutfah Pisang telah dilengkapi dengan laboratorium kultur jaringan, laboratorium olahan, dan rumah aklimatisasi sebagai tempat pengadaptasian bibit tanaman.

Jadi selain mengoleksi berbagai jenis pisang agar tak punah jenisnya, kebun ini juga melakukan pembibitan terhadap pisang-pisang yang banyak diminta oleh masyarakat. Tak hanya itu, buah pisang hasil pertanian kebun ini biasanya juga diolah menjadi berbagai jenis makanan layak jual seperti selai, tepung, maupun criping pisang. Lantaran jadi pusat pisang terlengkap, tak heran kalau tempat ini jadi rujukan tempat penelitian mahasiswa pertanian dan menjadi tempat kunjungan para siswa TK hingga SMA untuk mengenal berbagai jenis pisang.

Terlengkap se-Asia Tenggara, kebun pisang di Jogja tanam 346 jenis

Kebun pisang ini kini memuat 346 jenis pisang dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, ada juga beberapa jenis pisang dari luar negeri. Di antara 346 jenis pisang itu, ada beberapa nama yang unik seperti pisang genderuwo. Ada juga pisang unik seperti berbuah dua tandan, jantung pisangnya tegak ke atas, hingga pohon pisang yang langsung berbuah, tak mempunyai jantung pisang.