Brilio.net - Mahasiswa tak pernah lekang oleh waktu. Dari zaman universitas didirikan pertama kali di luar negeri, mahasiswa selalu memiliki karakter berbeda-beda setiap tahunnya. Kamu yang saat ini mahasiswa tentunya termasuk mahasiswa zaman sekarang yang segalanya sangat berbeda dengan zaman ayah ibumu kuliah dulu.

Yuk coba simak, apa saja sih perbedaan mahasiswa zaman dulu dengan zaman sekarang?

1. Senjata ketika kuliah

Mahasiswa zaman dulu: Zaman ayah ibumu kuliah dulu nggak semudah kamu saat ini. Mereka belum memiliki gadget canggih seperti laptop atau tablet. Sehingga mau nggak mau ketika belajar di kelas mereka harus memperhatikan sungguh-sungguh dan mencatat semua materi menggunakan senjata utama mereka, pulpen dan buku tulis!

Mahasiswa zaman sekarang: Kamu sebenarnya sudah cukup dimudahkan dengan teknologi canggih saat ini. Karena dimanjakan oleh teknologi kamu nggak perlu susah-susah nyatat lagi. Tinggal foto tulisan di whiteboard. Belum lagi kalau dosenmu menjelaskan dengan OHP, kamu tinggal bawa flashdisk dan minta softcopy-nya.

Loading...

2. Bikin tugas kelompok

Mahasiswa zaman dulu: Mahasiswa zaman dulu ketika mendapat tugas kelompok pasti bakalan sering ketemuan di kampus untuk membuat tugas. Bahkan ketika tidak hari kuliah mereka rela ke kampus demi bahas tugas. Nongkrongnya pun di perpustakaan karena bahan tugas pasti diambil dari buku-buku.

Mahasiswa zaman sekarang: Kalau dapat tugas kelompok pasti langsung bikin group chat di smartphone. Biasanya anak kuliah zaman sekarang akan ngerjain tugas di kafe-kafe yang tentunya ada free WiFi-nya. Karena tempatnya yang nyaman, kamu malah jadi asik ngobrol sama teman sehingga tugas terbengkalai.

3. Baca buku

Mahasiswa zaman dulu: Mahasiswa zaman dulu rajin baca buku karena minimnya sarana informasi selain buku. Saat mengerjakan tugas dan menjelang ujian mereka selalu ke perpustakaan untuk mencari referensi.

Mahasiswa zaman sekarang: Baca buku kalau ada ujian atau tugas. Tidak bisa dipungkiri, karena banyaknya godaan di dunia maya, buku menjadi berkurang fungsinya. Semua tugas hampir bisa dikerjakan dengan bantuan Google. Kamu juga kan?

4. Dosen

Mahasiswa zaman dulu: Sangat hormat ke dosen. Dosen sangat dihormati karena telah berjasa memberi ilmu ke mahasiswa. Dan rasa hormat ini benar-benar dari dalam hati, lho.

Mahasiswa zaman sekarang: Hormat sih hormat. Dosen memang dihormati ketika bertemu di kelas atau di tempat lain, namun saat di dunia maya, banyak mahasiswa mengumpat ke dosen mereka dengan berbagai alasan. Hayo, kamu termasuk apa nggak?

BACA JUGA:

Buka jasa ketik manual, Tiny seperti melawan zaman

24 Tahun Tiny buka jasa ketik manual untuk bisa hadiahi anak rumah

Jasa pemberian nama bayi online, 2 nama 2 kali revisi Rp 100.000

15 Hal yang harus kamu lakukan ketika internet mati

5 Kesalahan ini pasti sering kamu lakukan ketika sedang stres

Cara jitu mengusir stres ketika di kantor