×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pensil temuan anak SMA percepat waktu pengerjaan UN

View Image

0

BRILIO » News

Pensil temuan anak SMA percepat waktu pengerjaan UN

Alat yang diciptakan oleh Ishania Rizki Melinda dan Laras Wintang Kirana itu dipercaya bisa menghemat waktu sekitar 70% saat mengerjakan soal.

07 / 04 / 2015

Brilio.net - Ujian Nasional (UN) sebentar lagi akan tiba. Buat kamu yang mengikut UN tahun ini, tentunya kamu sudah menjalani berbagai persiapan, kan? Mulai dari latihan soal ujian, try out berkali-kali sampai ikut bimbingan belajar.

Nah, berbicara soal UN khususnya saat ujian bukan online berlangsung, kendala yang biasanya dialami oleh para peserta adalah tentang manajemen waktu. Selain materi yang diujikan, hal yang wajib kamu kuasai yaitu cara memanajemen waktu sehingga kamu bisa menjawab semua soal yang diberikan dengan tepat waktu.

Selain itu, cara menghitamkan bulatan jawaban di LJK juga harus tepat. Jika tidak hitam dan penuh secara sempurna, kemungkinan jawaban kamu tidak akan terbaca oleh komputer. Hal ini tentu akan menyita banyak waktu dan melelahkan. Padahal, setiap menit dalam ujian sangatlah berharga.

Untuk menyiasati hal itu, baru-baru ini, dua siswa dari SMA Kesatuan Bangsa, Yogyakarta berhasil menemukan Smart Exam Pencil. Alat yang diciptakan oleh Ishania Rizki Melinda dan Laras Wintang Kirana itu dipercaya bisa menghemat waktu sekitar 70% saat mengerjakan soal ujian.

“Dengan pensil biasa, rata-rata siswa butuh 147 detik untuk menghitamkan 18 bundaran jawaban. Sementara dengan alat kami, rata-rata waktu yang dibutuhkan 43 detik,” kata Laras.

Loading...

Mekanisme alat tersebut sebenarnya mirip dengan pensil 2B. Jadi, kamu tak perlu repot-repot menghitamkan LJK secara manual karena cara kerja Smart Exam Pencil sama seperti stempel. Kamu tinggal men-stempel LJK tepat di bulatan jawaban yang kamu pilih dengan alat tersebut.

Penemuan Ishania dan Laras tersebut sukses meraih medali perunggu pada kompetisi Indonesian Science Project Olympiade (ISPO) dan rencananya akan dikutsertakan dalam ajang kompetisi dunia di Turki sebagai perwakilan Indonesia tahun ini. Semoga sukses ya!







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    25%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    25%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more