×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pembuat komik terlaris Indonesia ini ternyata buta warna

View Image

0

BRILIO » News

Pembuat komik terlaris Indonesia ini ternyata buta warna

Komikus yang satu ini akan membuat kamu terheran-heran. Bukan soal cerita di komiknya, tapi kisah pribadi dari si komikus itu sendiri.

19 / 07 / 2015

Brilio.net - Komikus yang satu ini akan membuat kamu terheran-heran. Bukan soal cerita di komiknya, tapi kisah pribadi dari si komikus itu sendiri.

Siget Andri Setiawan (22), ini memiliki bakat sebagai komikus, padahal dia mengalami buta warna. Siget sulit membedakan beberapa jenis warna, misalnya kuning dan hijau. Mata Siget hanya bisa mengenali 8.000 warna saja, jauh di bawah mata normal yang sanggup mengenali sekitar 16 juta warna. Gara-gara buta warna ini pula dia tidak bisa mengambil jurusan desain untuk mengembangkan bakatnya.

Karier Siget dimulai saat dia mengisi mading di kampusnya dengan komik-komik buatannya. Saat itu ternyata karyanya disambut dengan baik oleh banyak orang yang kemudian memintanya untuk membuat fanpage sebagai media publikasi komiknya.

Pembuat komik terlaris Indonesia ini ternyata buta warna

“Kalau fanpage-nya sebenarnya like-nya enggak begitu banyak sih. Tapi tiba-tiba waktu itu ada yang message dari penerbit di Jakarta dan saya disuruh kirim contoh komik untuk diterbitkan. Saya pikir cuma beberapa lembar buat majalah, tapi ternyata rencananya mau dibuat buku,” ungkap Siget pada brilio.net, beberapa waktu lalu. Setelah mendapat pesan tersebut, Siget mencoba mengirimkan contoh 5 lembar karyanya untuk diuji apakah layak diterbitkan atau tidak.

Loading...

Perjuangannya tidak mulus karena naskah pertamanya ditolak 10 kali oleh penerbit tersebut. Baru kemudian komikus muda yang memiliki nama pena “Es Degan” ini memutuskan untuk membuat ide cerita baru dan setelah menunggu selama 1 bulan, akhirnya naskahnya diterima untuk diterbitkan.

Saat menemui editornya, dia sempat mengungkapkan mengenai kondisinya yang buta warna tersebut. Tapi ternyata si editor mendukung dan memotivasi Siget. “Buta warna tentu saja ngaruh saat proses pembuatan. Misalnya saja saat membuat cover komiknya saya kesusahan mengenali detail warnanya, akhirnya saya menggunakan tools di salah satu software di mana saya bisa pilih warna berdasarkan nama warnanya,” kata pemuda kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, 17 Juni 1993 tersebut. Beberapa kali Siget juga mengandalkan bantuan teman-temannya dalam menentukan warna.

Namun terlepas dari itu semua, saat ini Siget sudah beberapa kali memenangkan lomba membuat komik dan menerbitkan beberapa komik yang sangat disukai. Misalnya, komik pertamanya yang berjudul “Islam gak pake ribet” yang masuk dalam kategori 10 komik favorit di Indonesia.

BACA JUGA:

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

HOT NEWS:

Misteri tempat yang ditunjuk Patung Pancoran

Anggun semakin dicibir! Dapat surat dari istri mantan pecandu narkoba

Innalillahi, ibu dan anak meninggal dalam waktu bersamaan







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more