Brilio.net - Indonesia kehilangan salah satu atlet bulutangkis terbaiknya. Mantan pemain bulutangkis Indonesia Rian Sukmawan tutup usia pada Sabtu malam (27/2) di Semarang. Kabar tersebut diberitakan oleh klub yang membesarkan namanya, PB Djarum, Minggu (28/2) dini hari.

Dalam rilisnya di pbdjarum.org, bersama beberapa rekannya, Rian bertolak ke Semarang pada Sabtu siang untuk melakoni laga eksebisi. Rian kemudian mengeluhkan kelelahan usai bertanding.

“Habis main keluar (dari hall) bilang capek, tiba-tiba ada yang kasih kabar kalau Rian tidak bisa dibangunkan. Dibawa ke rumah sakit, Rian sudah ngga ada,” ujar atlet yang akrab disapa Kace itu.

Pebulutangkis Indonesia Rian Sukmawan tutup usia

Menurut informasi yang ada, saat istirahat, Rian meninggalkan lapangan tempatnya bermain menuju lapangan tenis untuk tiduran. Setelah satu jam tidak juga kembali ke lapangan, satpam yang bertugas mengecek keadaan Rian yang menemukan Rian dalam keadaan terbaring dengan nadi sudah lemah.

Loading...

Rian sempat dilarikan ke Rumah Sakit Telogorejo Semarang sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhir. Rian akan dimakamkan siang ini (28/2) di kota kelahirannya, Semarang.

Rian lahir di Semarang, 21 November 1985 silam. Pria berperawakan tegap, dan mata sipit yang kian menyempit saat tertawa itu sempat merintis asanya untuk menjadi pemain papan atas dunia. Bersama Yonathan Suryatama Dasuki, Rian sempat mencicipi berbagai turnamen internasional pada tahun 2006 hingga 2010. Dengan Yonathan pula, Rian sempat bertengger di posisranking 14 dunia.

Setelah tak lagi bergabung bersama Pelatnas, Rian turun di berbagai arena turnamen internasional dan nasional seperti Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) bersama Rendra. Mereka bahkan sempat dijuluki sebagai Raja Sirnas, karena begitu banyak gelar yang mereka raih di berbagai seri.

Rian tak lagi bermain bulutangkis di kancah internasional sejak 2014 lalu. Ia sempat menjadi pelatih di PB Djarum sebelum akhirnya memutuskan untuk merintis bisnisnya sendiri. Rian pergi meninggalkan seorang istri, Anna Chamellia yang dinikahinya tahun 2013 silam, di tahun yang sama Rian membawa Musica Champion menjuarai Djarum Superliga 2013.