Brilio.net - Berita duka kembali menyelimuti dunia seni Indonesia. Senin (4/12) kemarin pukul 22.53 WIB, seorang pematung Tanah Air  Edhi Sunarso meninggal dunia. Patung Pancoran adalah salah satu karya Edhi yang terkenal.

Menurut Ardhi Iswansyah (29), cucu Edhi, sang kakek meninggal setelah mendapat perawatan di Jogja International Hospital (JIH) sejak Kamis 31 Desember 2015 lalu sebelum akhirnya masuk ICU pada Jumat (1/1) pagi.

"Sakit sesak napas dengan diagnosa awal HB turun. Setelah diperiksa lebih lanjut, ada pembengkakan jantung lalu sempat koma beberapa kali," kata Ardhi saat dihubungi brilio.net, Selasa (5/1).

Edhi Sunarso, pembuat patung Pancoran tutup usiaJenazah Edhi Sunarso disemayamkan di rumah duka. Foto: dokumen keluarga

Masih menurut Ardhi, jenazah rencananya akan disemayamkan Selasa (5/1) di makam seniman Imogiri, di samping makam sang istri. Sementara untuk upacara dimulai pukul 13.00 di rumah duka griya seni Kustiyah Edhi Sunarso, di desa Nganti RT 2/7 Jalan Cempaka No.72 Mlati, Sleman, Yogyakarta kemudian akan dibawa ke kampus Institut Seni Indonesia, Yogyakarta untuk mendapat penghormatan terakhir.

Loading...

Edhi tutup usia pada umur 83 tahun dan meninggalkan empat orang anak dan 11 cucu. Hasil karya tangan dingin Edhi selain patung Dirgantara yang ada di Pancoran, antara lain monumen selamat datang yang ada di Bundaran Hotel Indonesia dan patung Pembebasan Irian Barat yang ada di Lapangan Banteng.

Selamat jalan, Edhi Sunarso...