1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Andi Rosita Dewi 10 Juli 2015 21:32

Para mahasiswa ini ciptakan alat pencetak geplak otomatis, brilio!

Alat pencetak geplak otomatis ini dapat mencetak geplak dengan berbagai varian bentuk sehingga lebih menarik konsumen untuk membeli.

Brilio.net - Geplak merupakan salah satu makanan tradisional khas Yogyakarta. Pada awal mulanya geplak berasal dari Bantul, salah satu kabupaten yang ada di Jogja. Makanan tradisional yang terbuat dari kepala muda, tepung beras, gula merah, gula pasir, daun jeruk, garam dan air ini kemudian menjadi oleh-oleh khas bagi mereka yang melancong ke Jogja.

Pembuatan geplak pun tidak sembarang orang yang bisa. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menghasilkan geplak yang enak dan gurih. Biasanya masyarakat melakukan pencetakan geplak dengan cara manual dipotong berupa dadu yang membuat geplak yang dihasilkan tidak memiliki variasi bentuk. Berdasarkan hal itulah kelima mahasiswa Sanata Dharma ini berinisiatif membuat alat cetak geplak otomatis yang penggunaannya akan lebih mudah dan efisien serta menghasilkan berbagai variasi bentuk geplak.

Adalah Bertu Fondamega, Stepahanus Ricky Arga Dewangga, Wupi Wulang Tanwal Hu, Bernandus Ardi Wijaya Kusuma dan Agur Yake Mulia. Lima mahasiswa jurusan mekatronika ini memanfaatkan keilmuan yang mereka miliki untuk membantu para pengusaha kue tradisional.

"Kami memilih salah satu makanan yang khas di Yogyakarta, tepatnya di daerah Bantul yaitu makanan tradisional geplak. Kami ingin memberi bentuk yang bervariasi dan menarik daya jual di pasaran Indonesia," kata Bertu Fondamega ketika berbincang dengan brilio.net, Jumat (10/7).

Semua tahap proses dari pembuatan alat sendiri meliputi pembelajaran perihal komposisi dari geplak, memilih metode yang akan diadopsi ke alat yang diciptakan, melakukan tahap desain, pemilihan komponen elektronik, sistem gerak alat, program untuk kontrol otomatis, membuat kover dan tahap penyelesaian akhir.

Diakui Bertu, bahwa dalam proses pembuatan mereka juga menemui berbagai kesulitan seperti pembagian waktu antara pembuatan alat dan kegiatan kuliah mereka sampai pada pemesanan alat-alat yang harus dipesan dari luar kota. Tapi, pada akhirnya mereka berhasil menyelesaikan pembuatan alat cetak geplak otomatis tersebut dengan hasil yang memuaskan.

"Kami ingin mengharumkan nama Indonesia dengan menggabungkan teknologi untuk mengangkat makanan tradisional yang ada di Indonesia untuk lebih dikenal di kalangan masyarakat Indonesia sekarang, dan bahkan bisa mendapat kesempatan dikenal oleh masyarakat internasional," ujarnya.

Alat pencetak geplak otomatis ini menawarkan berbagai keunggulan seperti dapat mencetak geplak dengan berbagai varian bentuk sehingga lebih menarik para konsumen. Selain itu alat ini juga menjaga kehigienisan dari pembuatan geplak. Jika biasanya adonan geplak dicampur dengan tangan, maka alat ini akan mencampur adonan geplak secara otomatis, sehingga adonan akan lebih higienis karena tidak perlu dikepal dengan tangan manusia.

"Kami berharap banyak masyarakat yang mulai mencoba kembali makanan tradisional terutama makanan tradisional geplak ini, sehingga akan membuat makanan tradisional ini lebih dikenal dan tidak menghilang begitu saja dengan keberadaan makanan modern. Kami juga berharap dapat memperkenalkan makanan geplak sehingga bisa dikenal oleh masyarakat luas," papar Bertu.

Karya alat cetak geplak otomatis yang mereka buat ini termasuk hal yang baru di Indonesia. Kecintaan mereka akan makanan tradisional mampu memunculkan ide kreatif untuk membantu para pembuatan kue tradisional agar dapat bertahan dengan gempuran berbagai makanan modern lainnya. Satu lagi karya anak Indonesia yang tidak kalah kreatifnya, sangat menginspirasi ya?

 

SEDANG POPULER DI BRILIO:

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

16 Foto balasan SMS penipuan yang bikin ketawa ngakak

Ingat 'Si Kentung' film Tuyul & Mbak Yul? Kisahnya sungguh tragis

Kisah Mbah Sholeh, tukang sapu Masjid Ampel yang punya 9 makam

12 Kebiasaan harian yang ternyata bisa bahayakan kondisi mental kamu!

BRILIO VIDEO

Pria Beruntung, Lolos Dari Tabrakan Maut
Duh, hampir saja ketabrak.

Sering nyeri punggung? Hati-hati, itu bisa karena kebiasaan merokokmu!

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

(brl/gib)

YOU MAY ALSO LIKE

Deretan Coffee Shop InstaGenic di Jogja
Deretan Coffee shop di Jogja yang keren ini bisa jadi rekomendasi buat kamu. -SUBSCRIBE- http://bit.ly/1S5PBgw -WEBSITE- http://brilio.net -FACEBOOK- http://bit.ly/1Uicrop -TWITTER- https://twitter.com/brilionet?lang=id -INSTAGRAM- https://www.instagram.com/brilionet/?...
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Para mahasiswa ini ciptakan alat pencetak geplak otomatis, brilio!.
Alat pencetak geplak otomatis ini dapat mencetak geplak dengan berbagai varian bentuk sehingga lebih menarik konsumen untuk membeli.
https://www.brilio.net/news/para-mahasiswa-ini-ciptakan-alat-pencetak-geplak-otomatis-brilio-150710p.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?