Brilio.net - Cafe menjadi tempat yang sangat familiar untuk dikunjungi para pelajar maupun mahasiswa. Cafe bisa menjadi tempat untuk berkumpul dengan teman hingga jadi tempat untuk berjumpa dengan pacar, uhuk! Tapi di Jogja, cafe bukan cuma dimanfaatkan sebagai tempat nongkrong dan bersenang-senang saja. Selain digunakan untuk mengerjakan tugas kelompok dan berdiskusi, beberapa cafe di Jogja bahkan dimanfaatkan sebagai tempat kursus. Kreatif!

English Cafe adalah salah satu lembaga kursus di Jogja yang memanfaatkan cafe sebagai tempat kursus. Berbeda dengan tempat kursus secara umum yang memanfaatkan gedung maupun rumah sebagai tempat kursus, English Cafe sebagai lembaga kursus Bahasa Inggris memilih ini cafe sebagai tempat yang nyaman untuk belajar.

Mohammad Hamli (26), CEO English Cafe mengungkapkan bahwa ide memanfaatkan cafe sebagai tempat kursus muncul dari keinginan untuk membangun tempat kursus yang menarik. Para mahasiswa pastinya sudah jenuh seharian dengan aktivitas kuliah yang padat. Apabila kursus dibuat di dalam ruangan dengan metode seperti kuliah, tidak akan efektif dan membosankan.

Kebiasaan ngopi di cafe oleh kaum muda di Jogja menjadi salah satu hal yang menarik untuk dipadukan dengan proses belajar. "Member yang belajar di English Cafe akan melakukan dua aktivitas sekaligus. Selain belajar, mereka juga bisa ngopi di cafe," kata Hamli ketika ditemui brilio.net, beberapa waktu lalu.

Etika Nur Karim, salah satu tutor kursus berbasis cafe ini menjelaskan bahwa ada perbedaan antara kursus di dalam kelas dengan kursus di cafe. "Kalau di cafe, suasana lebih santai. Sambil belajar, bisa makan, minum, maupun santai ngobrol antar siswa dengan tutor," kata Etika. Perbedaan suasana inilah yang menjadikan pembelajaran lebih efektif dan terjadi kedekatan antara tutor dengan siswa.

Loading...

Hal yang serupa juga diungkapkan oleh Alex Nur Yaqin, remaja asli Bantul yang memanfaatkan jasa kursus Bahasa Inggris berbasis cafe. Alex mengungkapkan bahwa alasannya memilih kursus berbasis cafe karena suasananya yang berbeda dengan kursus pada umumnya. "Dari pada di kelas, lebih enak belajar di cafe," terang Alex.

Saat ini English Cafe telah bekerja sama dengan 10 cafe di Jogja untuk digunakan sebagai tempat kursus Bahasa Inggris. English Cafe juga sudah mendirikan cabang di Purworejo dan Bandung.