Brilio.net - Sekolah di sebuah bangunan sekolah yang lengkap dan dilengkapi dengan fasilitas memadai mungkin sudah jadi hal yang biasa buat kita. Meskipun jika dilihat di Indonesia saja masih ada beberapa sekolah yang bersifat 'seadanya'.

Tapi ternyata masih ada lagi model sekolah lain yang bisa dibilang anti-mainstream dan unik yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Di bawah ini ada 5 sekolah unik dan anti-mainstream yang harus kamu tahu, dilansir brilio.net dari listverse.com Jumat (3/7):

1. Dongzhong Mid-Cave Primary School

5 Sekolah ini anti-mainstream banget, kamu pasti ingin sekolah di sini

Loading...

Sesuai dengan namanya, sekolah ini bertempat di sebuah gua di Provinsi Guizhou, China. Guizhou sendiri sebenarnya adalah provinsi paling miskin di China yang hanya mendapat sedikit bantuan dari pemerintah. Daripada menggunakan sumber dayanya untuk membangun sebuah sekolah, masyarakat di sana memilih untuk membuat sekolah di dalam gua pada 1984 dengan 8 guru dan 186 murid.

2. Boat Schools

5 Sekolah ini anti-mainstream banget, kamu pasti ingin sekolah di sini

Sekolah ini dibuat di Bangladesh karena memang ada beberapa kota di sana yang sering mendapat langganan banjir. Jadi daripada anak-anak harus tidak sekolah karena gedung sekolah mereka terendam air, salah satu LSM di sana membuat 100 boat schools yang dikemudikan dengan menggunakan tenaga solar dan dilengkapi dengan laptop, internet, dan perpustakaan kecil.

3. Abo Elementary school

5 Sekolah ini anti-mainstream banget, kamu pasti ingin sekolah di sini

Sekolah ini merupakan sekolah bawah tanah pertama yang terletak di Amerika. Sekolah ini sudah ada sejak pemerintahan John F Kennedy dan memiliki tiga pintu masuk dengan arena bermain di bagian atapnya. Tapi sayangnya sekolah ini terpaksa harus ditutup pada tahun 1995 dikarenakan biaya perawatannya yang memang cukup banyak.

4. Gulu Elementary School

5 Sekolah ini anti-mainstream banget, kamu pasti ingin sekolah di sini

Gulu adalah nama sebuah pedesaan kecil di China. Satu-satunya cara bila kita ingin mencapai lokasi ini adalah dengan melewati sebuah jalan setapak di antara dinding bebatuan dan jembatan yang ringkih. Sekolah tersebut sudah ada sejak tahun 80an dan dijalankan oleh satu guru yang bernama Shen Qijun yang telah menetap di sana sejak usia 18 tahun.

5. Brooklyn Free School

5 Sekolah ini anti-mainstream banget, kamu pasti ingin sekolah di sini

Sekolah ini dibagi menjadi dua level, yaitu kelas atas untuk anak usia 11 sampai 18 tahun dan kelas bawah untuk anak usia 4 sampai 11 tahun. Sekolah ini tidak memiliki kurikulum dan setiap siswa diberi kebebasan untuk memilih pelajaran apa yang ingin mereka pelajari. Siswa juga diberi kebebasan untuk tidak masuk sekolah bila mereka ingin dan juga dibebaskan untuk membuat peraturan sendiri.

HOT NEWS:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9