Brilio.net - Beasiswa memang kerap menjadi incaran para pelajar Indonesia, untuk melanjutkan jenjang studinya atau sekadar mencari pengalaman dengan mengikuti program tertentu yang dilaksanakan di luar negeri. Meski menjadi incaran banyak pelajar, tak sedikit mereka yang enggan bertanya atau sekadar menggali pengalaman dengan orang-orang yang pernah menerima beasiswa tersebut.

Setidaknya hal itu yang menjadi alasan bagi para penerima beasiswa luar negeri ini untuk mengadakan kegiatan sharing pengalaman dengan para pelajar Indonesia mengenai cerita dan kunci meraih beasiswa. Acara yang diselenggarakan oleh Great Community di Yogyakarta, Sabtu (3/10) ini dihadiri lebih dari seratus mahasiswa dari berbagi universitas di Yogyakarta.

Mereka berbagi cerita demi wujudkan mimpi belajar di luar negeri

Foto: Pembicara acara sharing beasiswa ke luar negeri

Dalam acara sharing tersebut, setidaknya ada lima penerima beasiswa yang menjadi pembicara. Mereka adalah Zamzami Elriza penerima beasiswa ke Amerika, Dewi Puji Lestari penerima beasiswa mengajar ke Thailand, Moh Hamli penerima beasiswa SUSI, Astri Hapsari penerima beasiswa Australia Awards Indonesia, dan Cory Kapa sebagai penerima beasiswa LPDP.

Kelima pembicara tersebut masing-masing memberikan cerita dan tips yang harus dipersiapkan untuk meraih beasiswa ke luar negeri. Cory Kapa misalnya, kepada peserta yang hadir dalam acara tersebut penerima beasiswa LPDP ini mengatakan selain kemampuan bahasa Inggris, pelamar beasiswa setidaknya harus memiliki surat rekomendasi dari dosen untuk meloloskan pelamar di tahap pertama. Selain itu dalam tahap wawancara pelamar disarankan agar tidak grogi sehingga jawaban yang disiapkan tidak hilang.

"Memang saat wawancara pelamar akan berhadapan dengan tiga interviewer yang berpendidikan sekelas profesor, namun mereka juga manusia seperti kita. Jadi untuk apa takut? Malah kalau takut hal itu tidak menguntungkan bagi pelamar. Karena dari tiga interviewer ada seorang psikolog yang bisa membaca gerak-gerik pelamar beasiswa," ujar Cory dalam acara tersebut.

Mereka berbagi cerita demi wujudkan mimpi belajar di luar negeri

Foto: Penyusun buku Genggam Mimpimu Semesta Pasti Mendukungmu saat memberikan buku kepada peserta

Lebih lanjut, Zamzami Elriza, dalam acara sharing tersebut menjelaskan bahwa dirinya telah menyusun berbagai kisah dan perjalanan hidup para penerima beasiswa saat di luar negeri. Kisah-kisah tersebut dia rangkum menjadi sebuah buku yang dia beri judul Genggam Mimpimu Semesta Pasti Mendukungmu. Buku yang sebelumnya sempat ditolak oleh 10 penerbit ini akhirnya bisa dijadikan pemicu semangat bagi pencari beasiswa ke luar negeri.