Brilio.net - Perjuangan Aminin (23), anak seorang PKL penjual buah untuk menimba ilmu di kampus bergengsi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta patut diacungi jempol. Di tengah berbagai kegiatan yang menguras waktu dan tenaga, seperti kuliah, menjadi tentor, menjaga kios buah orang tuanya, serta kegiatan UKM Resimen Mahasiswa (Menwa), gadis ini berhasil lulus sebagai sarjana bidang biologi dalam 4 tahun pendidikan.

Aminin, putri pertama dari pasangan suami istri Setyono dan Khalimatul Muslimah, ini tinggal di sebuah gubuk kecil di Padukuhan Samirono, Desa Caturtunggal Depok, Sleman, DI Yogyakarta. Salah satu adiknya kuliah semester 6 di Jurusan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta tanpa beasiswa. Dua adiknya yang lain masih dalam jenjang SD dan SMP.

Sebagai salah satu penerima beasiswa Bidik Misi, beban pembiayaan yang harus ditanggung orangtua Aminin terbantu dengan tunjangan-tunjangan yang diberikan selama kuliah. Tapi, untuk adiknya dirasa cukup berat karena tanpa beasiswa.

Karena itu, untuk meringankan beban orang tuanya, Aminin menyisihan sebagian tunjangan yang didapat. "Kalau dapat uang dari beasiswa, kadang saya kasih juga buat adik saya. Dia kuliah tidak dapat beasiswa," Kata Aminin kepada brilio.net, Senin (16/3).

Selain mengandalkan uang dari beasisiswa, Aminin juga bekerja menjadi guru les. Uang hasil bekerja ini juga dipakai membantu kelancaran pendidikan adik-adiknya.

 

BACA JUGA:

Dari rumah reot 4x5 m ini, Aminin anak PKL penjual buah lulus UGM

Ini Aminin, berhasil lulus UGM dengan bantu orangtua jualan buah

Berkat meme lucu wajahnya, bocah ini kumpulkan uang untuk obati ayah

VIDEO: Kisah haru bocah hafalkan Al-Fatihah demi kirim doa ke ibunya

Hafit, bocah SD yang kayuh sampan 2 jam seberangi lautan ke sekolah

Bocah SD jualan gorengan demi menghidupi ibu dan kakak, salut!

Bocah ini sumbangkan 25 cm rambutnya kepada penderita kanker

Bocah usia 9 tahun ini membangun rumah untuk gelandangan