Brilio.net - Untuk kamu yang memimpikan tinggal di luar negeri, sepertinya mengikuti program beasiswa luar negeri bisa menjadi alternatif yang layak dicoba.

Asal kamu tahu saja, bahwa sekarang kesempatan mendapat beasiswa luar negeri terbuka sangat lebar bagi siapa saja termasuk para akademisi Indonesia. Baik kamu yang ingin melanjutkan ke S1, S2, maupun kamu yang ingin meraih gelar doktor. Kece kan?

Berikut ada 5 program beasiswa luar negeri yang bisa kamu coba disadur brilio.net dari beasiswapascasarjana.com, Minggu (12/4):

1. Fullbright
Beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) ini ditawarkan ke kurang lebih 155 begara dengan sekitar 7.500 beasiswa setiap tahunnya. Untuk Indonesia, beasiswa ini dikelola oleh AMINEF yang merupakan lembaga kerjasama pertukaran pelajar Indonesia-AS.

Penerima beasiswa ini diberi kesempatan melanjutkan kuliah di berbagai kampus di Amerika yang akan menanggung tidak hanya biaya kuliah, tetapi juga tunjangan buku, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat.

2. Erasmus Mundus
Program ini cocok buat kamu yang bermimpi tinggal di Eropa. Beasiswa ini merupakan ajang promosi memperkenalkan negara-negara Eropa kepada masyarakat luar. Program beasiswa Erasmus Mundus akan menanggung biaya hidup, tempat tinggal, biaya perjalanan, serta asuransi.

3. Chevening
Program ini ditawarkan oleh pemerintah Inggris untuk mahasiswa internasional. Beasiswa ini dikhususkan bagi mereka yang memiliki potensi kepemimpinan yang akan menanggung biaya kuliah master, tiket perjalanan, penyusunan tesis, uang saku bulanan, serta tunjangan hidup.

4. ADS
Beasiswa Australian Development Scholarsip adalah beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Australia yang saat ini berganti nama menjadi Australia Awards Scholarship (AAS). Beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa dari Indonesia, Asia Timur, Afrika Utara, Amerika Latin, Timur Tengah, Asia Selatan, Pasifik, dan juga Papua Nugini.

5. Monbukagakusho
Program beasiswa ini ditawarkan oleh pemerintah Jepang yang ditawarkan melalui kedutaan atau berdasarkan rekomendasi universitas di Jepang. Beasiswa ini menyediakan pendanaan penuh untuk studi dan biasanya akan dibuka pada bulan Mei.