Brilio.net - Umur boleh bertambah tua, tapi harganya makin berkilau. Ini yang terjadi pada sepeda onthel keluaran tahun lawas. Meski sudah tak sebanyak dulu, masih banyak masyarakat menggandrungi kereta angin itu.

Sepeda onthel dengan kondisi prima bisa dibanderol sampai puluhan juta. Sepeda yang bagus biasanya dilihat dari kondisi besi yang masih belum banyak berkarat.  Seperti  merek The Raleigh dengan kisaran harga jual Rp 1,5 juta - Rp 15 juta.

Beberapa merek yang beredar di Indonesia terbagi dalam dua segmen. Pada segmen premium terdapat misalnya merek Fongers, Gazelle dan Sunbeam. Kemudian pada segmen di bawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal antara lain seperti Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Rudge, Batavus, Phillips dan NSU.

"Harga standar antara Rp 2 juta - Rp 3 juta tergantung mereknya, beberapa pembeli bahkan datang dari Aceh, Bali, dan Kalimantan," kata Waldi, salah seorang penjual sepeda onthel,  kepada brilio.net, Senin (31/8).

Lebih lanjut, pria berusia 76 tahun ini mengatakan  saat ini banyak sepeda ontel yang tidak sepenuhnya orisinil. Beberapa bagian yang sudah diganti karena memang rusak.

Loading...

Salah satu sepeda yang dipajang yaitu jenis torpedo keluaran tahun 1948 milik Waldi masih bawaan asli atau orisinil. Harga jualnya pun masih terbilang tinggi bisa mencapai Rp 6 juta. Tak sedikit kalangan kelas atas seperti pejabat dan pengusaha berburu sepeda ontel untuk sekadar koleksi pribadi. "Orang mencari sepeda yang masih orisinil, meskipun harganya mahal tetap dibeli," tambahnya.