Brilio.net - "MERDEKA!! MERDEKA!!" teriak rombongan konvoi keliling Komunitas Podjok pagi ini pukul 09.00 di Museum Sandi Yogyakarta.

Itulah bagaimana cara komunitas Podjok (Paguyuban Onthel Djokjakarta) merayakan hari kemerdekaan, dengan konvoi keliling menggunakan sepeda ontel kesayangan mereka dan atribut ala pejuang perang.

Sebelum memulai konvoi komunitas ini terlebih dahulu mengadakan upacara kemerdekaan pada pukul 07.00 bertempat di Museum Sandi.

Kemudian pada pukul 09.00 semua anggota komunitas ini mulai bergerak mengayuh sepeda menuju Tugu Jogja untuk melakukan penghormatan. Setelah itu barulah rombongan bergerak menuju 0 kilometer Jogja.

Napak tilas zaman perjuangan dengan konvoi sepeda ontel

Sepanjang jalan tak lupa rombongan terus menerus meneriakkan ungkapan "Merdeka!" yang disambut serentak oleh masyarakat di sekeliling.

"Ini ada sekitar 50an orang yang ikut. Ada yang masih berumur 6 tahun sampai 80 tahun. Pokoknya tujuannya di sini kami ingin membangkitkan semangat masyarakat agar lebih cinta tanah air," cerita Towil selaku ketua dari komunitas Podjok kepada brilio.net Senin (17/8).