Brilio.net - Mahasiswa Indonesia kembali menorehkan prestasi dunia yang membanggakan. Kali ini, prestasi berhasil diraih oleh mahasiswa UGM pada ajang International Mathematics Competition (lMC) yang dihelat di Blagoevgrad, Bulgaria pada 27 Juli - 2 Agustus 2015 kemarin. Dalam olimpiade tersebut tiga mahasiswa UGM sukses menyabet medali emas, perak, serta penghargaan honorable mention.

Adalah Pramudya Ananto Jurusan Teknik Elektro 2011 peraih medali emas, Made Benny Prasetya Jurusan Matematika 2011 peraih medali perak, dan Willy Sumarno Jurusan Matematika 2012 mendapatkan honorable mention. Ketiganya merupakan mahasiswa UGM yang terpilih menjadi perwakilan Indonesia dalam kompetisi bergengsi dunia tersebut.

Pramudya, peraih medali emas Olimpiade Matematika Bulgaria, menyampaikan bahwa olimpiade diikuti 326 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di dunia. Para peserta selama dua hari berkompetisi mengerjakan sejumlah soal yang diberikan panitia. Setiap harinya peserta diberikan lima buah soal berbentuk esai dengan tingkat kesulitan semakin tinggi di setiap nomornya.

"Untuk materi yang dilombakan hampir sama dengan saat di tingkat nasional, namun memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi," jelasnya kepada brilio.net, Rabu (12/8).

Mahasiswa UGM raih 3 penghargaan olimpiade matematika dunia, hebat!

Perjuangan untuk meraih medali penghargaan ini, dikatakan Pramudya, tidak mudah. Dia dan kedua kawannya harus melewati tahapan seleksi di tingkat universitas yang meloloskan tujuh orang untuk bersaing di olimpiade tingkat nasional.

Selanjutnya, di tingkat nasional sebanyak 64 peserta perwakilan masing-masing kopertis berkompetisi menjadi yang terbaik untuk dikirim ke olimpiade internasional.

"Jadi dari 64 peserta disaring jadi 25 dan terpilih 9 orang untuk mewakili Indonesia di Bulgaria. Tiga dari UGM, lainnya dari ITB dan UI," terang Pramudya.

Kebahagiaan Pramudya beserta kedua rekannya tidak hanya sampai di situ saja. Berkat prestasi mereka tersebut, mereka mendapat beasiswa meneruskan kuliah sampai program doktor dari Dikti. Hebat!