Brilio.net - Bagi perempuan muslim dunia, beberapa telah memilih untuk menutup aurat dengan jilbab. Jilbab diartikan sebagai tanda kerendahan hati dan simbol keimanan. Cara mengenakannya pun berbeda-beda. Banyak di antaranya menyebut hal tersebut dengan istilah hijab, niqab dan burka. Lalu tahukah kamu kapan hal tersebut disebut hijab, niqab atau burka?

Kata hijab berarti menutupi dan sering digunakan untuk menggambarkan jilbab yang dikenakan untuk wanita muslim. Varian dari syal/hijab pun banyak ragamnya. Hijab merupakan cara menutup aurat dengan menutupi kepala dan leher tetapi wajah tetap tampak.

Ladies perlu tahu, perbedaan hijab, niqab, burka juga khimar

Hijab

Kalau niqab adalah jilbab yang menutupi kepala, leher dan muka namun tetap memperlihatkan mata. Biasanya penutup mukanya terpisah dengan jilbab yang dikenakan.

Loading...

Sedangkan burka merupakan jilbab yang menutupi kepala, leher dan mata, sehingga tidak ada bagian tubuh yang tampak. Biasanya pada bagian mata terdapat kain yang memiliki lubang kecil untuk melihat.

Ladies perlu tahu, perbedaan hijab, niqab, burka juga khimar

Niqab

Selain hijab, niqab dan burka, sebenarnya ada juga bentuk jilbab  yang disebut Al-amira, Khimar dan Chador.

Almira menggunakan dua potong jilbab. Terdiri dari penutup kepala yang seperti topi dan syal. Khimar adalah jilbab panjang yang menggantung hanya sebatas pinggang. Biasanya menutupi rambut, leher dan bahu, namun wajah masih terlihat dengan jelas.

Ladies perlu tahu, perbedaan hijab, niqab, burka juga khimar

Burka

Kalau chador merupakan jubah yang menutupi keseluruhan tubuh, umumnya yang menggunakan jilbab jenis chador adalah perempuan Iran.

Nah, gimana? sudah tahu kan perbedaan dari variasi jilbab tersebut? Habis ini udah gak salah sebut ya tentang model jilbab yang kamu gunakan.

Ladies perlu tahu, perbedaan hijab, niqab, burka juga khimar

Khimar