Brilio.net - Babi ngepet dipercaya oleh sebagian orang sebagai makhluk jadi-jadian yang menyerupai babi. Isu tentang babi ngepet selalu membuat warga resah dan takut karena dipercaya bisa mencuri uang secara gaib. Beberapa daerah di Indonesia masih kental dengan kepercayaan bahwa ritual pesugihan untuk mendapatkan uang secara cepat bisa dilakukan dengan babi ngepet. Seperti kisah babi ngepet yang pernah menggemparkan warga Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang diceritakan seorang warga, Ana (nama samaran) kepada brilio.net melalui layanan story telling, Minggu (29/11).

Banyak kejadian mistis yang Ana ketahui tentang babi ngepet di desanya. Warga desa menduga babi ngepet yang meresahkan adalah jelmaan manusia atau babi ngepet yang hendak mencuri harta benda. Dugaan ini berdasarkan laporan kehilangan para warga yang sering didengarnya. Namun sayang setiap kali para warga Kecamatan Rumpin tersebut melakukan ronda atau pengejaran, sosok babi ngepet selalu saja berhasil lolos.

"Pernah berhasil ditangkap tapi ketika dikurung di dalam kerangkeng, besok paginya sudah hilang," ujar wanita berusia 18 tahun ini.

Menurut Ana, selain musim babi ngepet yang sempat heboh di desanya, ada juga kejadian mistis tentang kolor ijo yang tak kalah membuat para perawan desa resah. Pasalnya kemunculan kolor ijo identik dengan menculik dan memperkosa gadis.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Untungnya nggak ada gadis desa yang pernah jadi korban kolor ijo. Tapi yang sering terjadi adalah celana dalam yang tiba-tiba hilang saat dijemur. Makanya setiap kali cuci celana dalam selalu aku hitung," keluhnya.

Diakui Ana, setiap rumah di desanya selalu dipasangi bambu kuning tujuannya supaya kolor ijo nggak bisa masuk rumah. "Nggak tahu benar apa nggak, yang pasti orangtuaku memasang itu dan nggak terjadi apa-apa sama aku," tambahnya.

Cerita ini disampaikan Ana melalui telepon bebas pulsa Brilio.net di nomor 0-800-1-555-999. Semua orang punya cerita. Ya, siapapun termasuk kamu punya kisah tersembunyi baik cerita sukses, lucu, sedih, inspiratif, misteri, petualangan menyaksikan keindahan alam, ketidakberuntungan, atau perjuangan hidup yang selama ini hanya kamu simpan sendiri. Kamu tentu juga punya cerita menarik untuk dibagikan kepada kami. Telepon kami, bagikan ceritamu!

(brl/pep)