Brilio.net - Paras tubuhnya yang semakin tua, tak menjadikan kakek Adi Wijaya yang sudah berusia 75 tahun ini berhenti bekerja. Demi mencari nafkah yang berkah, kakek Wijaya rela berpanas-panasan menjajakan kerupuk pangsit buatannya di salah satu sudut pertigaan jalan di Kota Surabaya.

Dengan membawa barang dagangannya menggunakan plastik, kakek Wijaya berjalan menghampiri pengendara yang berhenti saat lampu merah. Tak akan ada yang mengira bahwa ternyata kakek Wijaya dulunya adalah seorang guru sekolah.

Bahkan hingga saat ini kakek Wijaya masih menawarkan jasanya untuk memberikan les privat sembari berjualan. Semua pekerjaan ini kakek Wijaya lakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia tak ingin merepotkan anak-anaknya yang sudah berkeluarga dan tinggal di luar kota.

Kisah Kakek Wijaya, pensiunan guru yang kini jualan kerupuk pangsit

Di usia senjanya itu, kakek Wijaya hidup berdua dengan istri tercintanya Ani Wijaya. Keduanya bahu membahu dalam menjalani hari tuanya. Sebenarnya istri kakek Wijaya telah melarangnya untuk berjualan kerupuk pangsit di jalan raya, istrinya takut jika sesuatu terjadi di jalan raya melihat begitu padatnya lalu lintas dan ramainya jalanan. Namun mau bagaimana lagi, keduanya masih memerlukan pundi-pundi rupiah untuk membuat dapur tetap mengepul.

Loading...

"Saya itu sering khawatir kalau kakek Wijaya jualan di pertigaan jalan raya. Saya sering berpesan agar dia hati-hati," kata istri kakek Wijaya saat berbincang dengan brilio.net, Kamis (9/7).

Sang istri menuturkan bahwa dagangan suaminya itu tak begitu laris jika hanya keliling di kompleks perumahan. Meski sangat khawatir dengan keramaian jalan, ia tidak mampu memaksa suaminya untuk tidak berjualan. "Kalau tidak jualan di jalan itu sering sisa-sisa. Jadi kan sayang kalo sisa terus," imbuh Ani Wijaya.  

Perjuangan kakek Wijaya memang harusnya bisa menjadi tauladan bagi generasi di bawahnya. Jika kakek Wijaya yang sudah berusia senja saja masih tetap bekerja demi nafkah yang halal, kenapa yang lebih muda masih malas-malasan?

SEDANG POPULER DI BRILIO:

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

16 Foto balasan SMS penipuan yang bikin ketawa ngakak

Ingat 'Si Kentung' film Tuyul & Mbak Yul? Kisahnya sungguh tragis

Kisah Mbah Sholeh, tukang sapu Masjid Ampel yang punya 9 makam

12 Kebiasaan harian yang ternyata bisa bahayakan kondisi mental kamu!

Sering nyeri punggung? Hati-hati, itu bisa karena kebiasaan merokokmu!

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!