Brilio.net - Tahukah kamu jika kecepatan perputaran bumi adalah sebesar 1.675 km/jam? Dengan kecepatan itu berarti kamu sedang berjalan sekitar 465 meter setiap detiknya. Tapi kenapa kamu tidak pernah merasakannya?

Dilansir brilio.net dari Science Alert, Jumat (23/10), perumpamaan ini bisa kamu bayangkan ketika kamu berada di dalam pesawat terbang. Kecepatan dan ketinggian pesawat berada dalam posisi konstan. Meskipun kamu pergi berjalan-jalan semisal ke toilet, tapi gerakan pesawat tak akan terasa. Hal ini dikarenakan pesawat, tubuhmu, dan segala sesuatu di dalam pesawat bergerak dengan kecepatan yang sama. Jika kamu ingin mengetahui pergerakan pesawat, kamu harus melihat benda di luar pesawat yang punya selisih kecepatan dengan kecepatan pesawat.

Kenapa kamu tak pernah bisa merasakan rotasi bumi?

Begitu juga dengan kecepatan rotasi bumi. Tubuhmu, bumi, serta atmosfer bumi bergerak dalam kecepatan yang sama. Maka jika kamu ingin merasakannya, coba rasakan gerakan awan yang memiliki beda kecepatan dengan perputaran bumi. Kamu yang berada pada posisi kecepatan bumi, cobalah memandangi awan di atasmu untuk bisa merasakan kecepatan rotasi bumi.

Kamu akan bisa merasakan kecepatan rotasi bumi jika terjadi perubahan kecepatan rotasi tersebut. Sebab kecepatan atmosfer tidak ikut berubah sehingga ada selisih kecepatan gerak. Sampai saat ini tidak ada yang bisa mengubah kecepatan rotasi bumi sehingga sampai sekarang kamu tidak akan merasakannya.

Loading...

Kenapa kamu tak pernah bisa merasakan rotasi bumi?

Sebenarnya rotasi bumi melambat setiap hari sebesar satu per dua ribu detik setiap harinya, namun nilai tersebut sangat kecil sehingga yang dirasakan adalah kecepatan bumi pada tingkat yang konstan.

Nah, sudah paham kan kenapa selama ini kamu nggak pernah merasakan gerak-gerik bumi?