Brilio.net - Kalau kamu masih berpandangan bahwa kekurangan merupakan halangan besar dalam mencapai impian, agaknya kamu mesti berkaca pada pria satu ini.

Adalah Mukhtar, seorang yang bertakdir tak bisa melihat sejak kecil, mampu menebar berjuta manfaat bagi masyarakat terdekatnya. Pria ini adalah salah satu pendidik di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Ellak Daya, Lenteng, Sumenep, Jawa Timur.

Sehari-hari, tanpa tongkat, Mukhtar berjalan kaki sejauh 1 km, tanpa bantuan siapa pun ke tempat tujuan untuk berbagi ilmu tentang tajwid, tashrif, tauhid dan bimbingan murattal Al-Qur'an. Aktivitas ini sudah dia lakukan sejak 20 tahun lalu.

Setiap pagi bapak satu anak ini hampir tak pernah absen menemani istrinya ke ladang, meski tak ikut nyangkul dan ngarit. Dia juga masih berkenan merawat ibunya yang terbilang sudah sepuh sebab kedua kakaknya telah dipanggil lebih dulu, begitupun bapaknya. 

Kemampuan pria tuna netra ini melebihi manusia normal, salut!
"Beliau mandiri dan mudah bergaul dengan semua kalangan. Sosoknya yang ramah, familiar, dan humoris membuat santri-santri menanamkan rasa senang dan akrab dengan beliau. Beliau juga sangat konsekuen dengan waktu juga selalu bisa mencairkan suasana melalui guyonan-guyonan kecilnya," tutur Achmad Siddiqi Amin salah seorang muridnya di pesantren kepada brilio.net, Selasa (16/6).

Kemampuan pria tuna netra ini melebihi manusia normal, salut!

Penyuka lagu-lagu Rhoma Irama ini jarang absen dalam majelis taklim. Kelebihannya yang lain adalah mampu mengoperasikan sound system yang tak banyak orang bisa melakukannya.

"Tiap Kamis siang beliau menjadi operator speaker di Masjid Al-Mujahidin dalam kegiatan kumpulan muslimat. Beliau juga pandai berpidato, melantunkan shalawat hadroh, serta menjadi MC," tutur Dedi.

Tak heran jika orang-orang bersimpati pada pria yang punya suara merdu ini, bukan karena kasihan namun karena memiliki berbagai kelebihan yang dibutuhkan masyarakat di sana.

 

BACA JUGA:

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?