1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Tony Febryanto 16 Juni 2015 09:06

Kamu sakit gigi? Coba sembuhkan dengan obat dari cangkang telur ini

"Karena itu kami tergerak untuk menemukan bahan alami sebagai obat untuk peradangan gigi tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya."

Brilio.net - Kalau disuruh memilih, kamu pilih sakit gigi atau sakit hati? Bagi orang yang pernah mengalaminya, sakit gigi memang terasa menyakitkan, bikin emosi, dan akan menghambat aktivitas sehari-hari. Ya nggak?

Sebelum semuanya terlambat, pastikan kebersihan gigimu selalu terjaga, yaitu dengan menggosok gigi secara teratur dan menghindari makanan yang serba manis. Namun, apabila kamu terlanjur sakit gigi, sebaiknya segera diatasi. Obat ciptaan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berikut ini bisa kamu coba.

Adalah Bina Rizka Maulida, Risa Widya Iswara, Novaria, Rika Ayu Putri Virawati, dan Veri Anggara Saputri berhasil mengembangkan obat sakit gigi yang terbuat dari limbah cangkang telur bebek. Lima mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi (FKH) itu menemukan bahwa membran pada cangkang telur bebek ternyata mengandung zat aktif yang berguna untuk meredakan peradangan.

Selain itu, cangkang telur bebek selama ini memang hanya dianggap sebagai limbah yang tidak memiliki nilai jual. Melihat potensi manfaat yang terkandung di dalamnya, kelima mahasiswi itu pun mengubahnya menjadi obat sakit gigi yang alami dan tanpa menimbulkan efek samping.

Menurut Rizka, angka penderita sakit gigi karena peradangan (reversible pulpitis) di Indonesia sangat tinggi. Data tahun 2010 menunjukkan penyakit pulpa menempati peringkat ketujuh dari sepuluh penyakit dengan pasien rawat jalan terbanyak di Indonesia.

"Karena itu kami tergerak untuk menemukan bahan alami sebagai obat untuk peradangan gigi tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya," kata Rizka saat berbincang dengan brilio.net, Senin (15/6).

Proses pembuatannya yaitu dengan memisahkan cangkang dengan membrannya. Membran tersebut kemudian dibuat ekstrak dengan pelarut etanol 70%. Melalui proses ekstraksi itulah diperoleh 2,9 ml ekstrak membran dari 290 gram membran telur.

Sementara itu, cara pengaplikasian obat ini sangat mudah. Terapkan obat pada kavitas gigi lalu ditutup dengan bahan tumpatan. Selain aman dan alami, obat ini terbukti ampuh untuk menyembuhkan sakit gigi.

 

BACA JUGA:

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut

Umur manusia bisa diprediksi lho, begini caranya

Dunia dibikin geger! Kucing ini naik atau turun?

BRILIO VIDEO

Cara Tak Tertular Saat Musim Flu Dan Batuk
Sebelum kena flu atau batuk, baiknya intip cara agar tak mudah tertular penyakit yang sering menyerang di musim hujan tersebut ya guys.

Sarung, di Indonesia buat sholat, di Mesir malah jadi bahan tertawaan

BACA JUGA:

Kebiasaan unik cara makan ini cuma dimiliki orang Indonesia

Segitiga Bermuda: Tempat semua fakta lenyap dan menjadi mitos

12 Pelanggaran lalu lintas yang jadi incaran tilang polisi, catet!

BACA JUGA:

Bukan tanda kiamat, ini versi ilmiah terompet misterius dari langit

VIDEO: Serem! Terdengar suara mirip terompet dari langit di 4 negara!

       

(brl/gib)

YOU MAY ALSO LIKE

Cowok Pintar vs Cowok Tajir
Kira-kira kalau harus milih, cewek lebih suka cowok pintar atau cowok tajir, ya? Yuk, cari tahu pendapat mereka hanya di Brilio.net!
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Kamu sakit gigi? Coba sembuhkan dengan obat dari cangkang telur ini.
"Karena itu kami tergerak untuk menemukan bahan alami sebagai obat untuk peradangan gigi tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya."
https://www.brilio.net/news/kamu-sakit-gigi-coba-sembuhkan-dengan-obat-dari-cangkang-telur-ini-150615i.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?