×

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kamu mahasiswa baru? Ini 7 hal yang perlu kamu perhatikan

0

BRILIO » News

Kamu mahasiswa baru? Ini 7 hal yang perlu kamu perhatikan

Peralihan ini nggak sekadar peralihan status melainkan juga peralihan sikap.

(brl/pep)

23 / 08 / 2015

Brilio.net - Menjadi mahasiswa berarti melepaskan status sebagai siswa, atau dengan kata lain kamu telah beralih dari aktivitas sebagai pelajar sekolah menuju aktivitas sebagai pelajar kampus. Tentu saja, peralihan ini nggak sekadar peralihan status melainkan juga peralihan sikap.

Nah, bagi kalian para yang hendak menjadi mahasiswa atau sedang menjalani masa-masa awal sebagai mahasiswa, brilio.net berhasil menghimpun 7 hal yang perlu diperhatikan berdasarkan tanggapan sejumlah mahasiswa di Jogja yang brilio.net mintai komentarnya. Ini ulasannya guys.

1. Hindari menanyakan tentang agama yang dianut
Sebaiknya kamu menjadi seorang mahasiswa yang toleran, salah satunya dengan tidak mempermasalahkan status agama yang dianut teman-teman di sekitarmu. Selain itu, isu SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) merupakan isu yang sensitif di lingkungan kampus.

2. Biasakan membuat pilihan atau keputusan sendiri
Well guys, kebanyakan dari kamu kuliah di kota yang jauh dari kampung halaman. So, kemandirian merupakan hal yang penting untuk kamu biasakan agar bisa terus bertahan. Salah satunya adalah dengan belajar menentukan pilihan kamu sendiri, tentunya atas dasar pertimbangan yang cukup.

3. Tanggung jawab terhadap pilihan yang kamu buat
Ada banyak hal yang memerlukan kesanggupanmu untuk menyelesaikan apa yang telah kamu pilih itu. Paling nggak kamu sudah harus menjalani kuliahmu sampai selesai.

4. Pahami fase atau siklus pendewasaan diri
Dewasa memang tidak terlalu tergantung pada umur guys. Tapi berdasarkan sumber yang kami jajaki, setidaknya adala tiga fase yang akan kamu hadapi di dalam kehidupan kampus. Pertama, masa-masa ketika kamu vokal menyuarakan pemikiranmu. Kedua, masa-masa ketika kamu lebih banyak mempelajari sesuatu dari orang lain. Dan terakhir, masa-masa ketika kamu sudah punya pendirian sendiri.

5. Buka diri, dan jangan pakai topeng!
Kamu sudah harus mulai punya kepercayaan diri untuk mengungkapkan seperti apa dirimu guys. Kebanyakan orang pada awalnya akan mencoba menampilkan sisi kerennya, sementara sisi lainnya akan mereka pendam sendiri. Padahal, menjadi diri sendiri itu penting lho.

6. Mulai seriusi hobimu
Kamu bisa menyalurkan hobimu dengan ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan ekstra di luar pelajaran kuliahmu. Ada banyak pilihan kegiatan yang bisa kamu jadikan hobi, seperti olahraga, seni, wirausaha, kepemimpinan dan seterusnya. Menseriusi hobi bisa mendatangkan banyak keuntungan buat kamu, setidaknya kamu menghilangkan kebosanan. Kamu hanya perlu meluangkan waktu.

7. Peka dengan gaya hidup
Nggak semua teman-teman di sekitarmu punya gaya hidup yang sama. Penampilan merupakan cerminan dari gaya hidupmu. Kamu akan menemukan istilah-istilah baru gaya hidup mahasiswa, seperti rabo gaul, party university, dan acara-acara hiburan lain. Peka akan gaya hidup bisa menciptakan profilmu sendiri bro.

Laporan: Zufar Fauzi




Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
more