Brilio.net - Bicara  wisata di Indonesia tentu tidak ada habisnya. Mulai dari kuliner, wisata alam hingga orang-orangnya yang ramah, Indonesia punya semuanya. Nah, salah satu provinsi yang menyajikan keindahan alam adalah Sumatera Barat.

Spot-spot wisata di Sumatera Barat ternyata nggak kalah ciamik sama daerah lainnya lho. Wah di mana aja ya? Berikut daftar yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (3/4).

1. Pulau Cubudak

foto: facebook.com/piknikyuk

Pulau Cubadak terletak di pesisir selatan. Disini kamu bisa menemukan resort dengan arsitektur alam.  Selain itu juga didukung oleh beberapa sarana penunjang untuk kegiatan seperti diving, fishing, dan snorkeling. Top deh buat kamu yang mencari keindahan bahari.

2. Danau Di Atas dan Di Bawah

foto: facebook.com/piknikyuk

Namanya lucu ya. Kedua danau ini dikenal dengan sebutan Danau Kembar. Letaknya di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kab. Solok, berjarak kurang lebih 47 kilometer dari Kota Solok dan 56 kilometer dari Kota Padang.

3. Pulau Sikuai

foto: facebook.com/piknikyuk

Terletak di sisi barat Pulau Sumatera. Hanya sekitar setengah mil laut dari Kota Padang dan dapat dicapai menggunakan kapal angkutan khusus dengan waktu tempuh 35 menit berangkat dari dermaga airud Bungus. Di Pulau Sikuai kamu bisa menginap di resort yang dilengkapi berbagai fasilitas.

4. Danau Maninjau

foto: facebook.com/piknikyuk

Danau Maninjau terletak di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Danau yang indah ini tercatat sebagai danau terluas ke-11 di Indonesia dan terluas ke-2 di Sumatera Barat.

5. Kepulauan Mentawai

foto: facebook.com/piknikyuk

Kepulauan Mentawai memang cantik. Cocok untuk kamu yang mencari ketenangan sambil berfoto-foto melengkapi koleksi foto di Instagrammu. Berada kurang lebih 135 kilometer dari Kota Padang dan dapat dicapai melalui laut dengan waktu tempuh 6-10 jam.

6. Pantai Padang

foto: facebook.com/piknikyuk

Pantai Padang merupakan salah satu tujuan wisata jika ke Kota Padang. Saat malam kamu bisa menikmati jagung atau pisang bakar sambil menikmati suasana pantai.

7. Pantai Nirwana

foto: facebook.com/piknikyuk

Pantai Nirwana terkenal dengan keindahan sunsetnya. Pantai Nirwana terletak di Pantai Barat Sumatera berjarak sekitar 14 km dari Kota Padang. Pantai yang memanjang ini sudah terkenal keindahannya sejak zaman penjajahan Belanda.

8. Pantai Aie Manih

foto: jayanjayan.com

Kamu pasti pernah mendengar legenda Malin Kundang kan? Nih di Pantai Aie Manih inilah letak legenda itu. Di sini kamu bisa menemukan batu yang sangat terkenal tersebut sambil menikmati suasana pantai.

Kira-kira objek wisata mana lagi yang bisa di kunjungi ya? KLIK NEXT

2 dari 2 halaman



9. Pantai Pasia Jambak

foto: facebook.com/piknikyuk

Terletak 20 kilometer dari pusat kota arah ke utara melalui jalan raya Padang-Bukittinggi. Pantai Pasia Jambak memiliki pasir putih, lebar, landai dan dipenuhi oleh pohon-pohon kelapa yang sangat indah.

10. Pantai Caroline

foto: facebook.com/piknikyuk

Namanya kebarat-baratan ya. Merupakan obyek wisata pantai yang dilengkapi dengan fasilitas penginapan, restoran, panggung kesenian, dan taman bermain yang cukup luas. Terletak di Teluk Bungus, 25 km di selatan Kota Padang. Tak perlu khawatir ada banyak angkutan umum menuju ke pantai ini.

11. Air Terjun Nyarai

foto: lubuk-aluang.blogspot.com

Air Terjun Nyarai terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman. Panorama alam ini memang sedikit tersembunyi, tapi kamu nggak akan menyesal karena keindahannya.

12. Danau Singkarak

foto: facebook.com/piknikyuk

Merupakan danau yang terbesar di Sumatera Barat dengan panjang 21 kilometer yang terletak di pinggir jalan raya Padang Panjang – Solok. Di pinggir danau kamu bisa beristirahat dan bersantai sambil foto-foto mengabadikan keelokan Danau Singkarak.

13. Lembah Anai

foto: facebook.com/piknikyuk

Lembah Anai merupakan salah satu maskot wisata di Sumatera barat. Disini kamu akan dimanjakan dengan berbagai panorama alam yang sangat memukau dan menyejukkan mata, sehingga sangat cocok untuk me-refresh pikiranmu dari penatnya kegiatan sehari-hari.

14. Jembatan Siti Nurbaya

foto: facebook.com/piknikyuk

Jembatan dengan panjang kurang lebih 60 meter yang menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya ini merupakan jembatan ikonik yang namanya diambil dari cerita terkenal Siti Nurbaya. Saat senja, jembatan ini menjanjikan panorama memukau yang sayang untuk kamu lewatkan.

15. Museum Adityawarman

foto: facebook.com/piknikyuk

Merupakan salah satu spot yang wajib kamu kunjungi. Museum Adityawarman yang dibangun pada tahun 1974 juga merupakan Taman Mini-nya Kota Padang dimana terdapat berbagai jenis benda peninggalan sejarah Kota Padang.