Brilio.net - Belajar tidak mengenal batasan usia, mulai dari anak kecil hingga lanjut usia pun berhak mempelajari hal baru sesuai minat dan kemauan, contohnya alat musik. Banyak alat musik yang bisa dipelajari dengan sangat mudah jika dilakukan dengan serius seperti gitar, drum, suling dari bambu dan banyak lagi lainnya.

Salah satu alat musik yang sangat menarik untuk dimainkan adalah suling, secara kasat mata tampak mudah memainkannya namun sebenarnya butuh latihan yang serius. Alat musik tiup berbahan bambu ini memiliki lubang untuk mengalirkan bunyi sesuai nada, ketika suling ditiup.

"Belajar suling dengan sering ikut latihan, memang idealnya antara umur 10–60 tahun dengan pertimbangan efektivitas dan kondisi tubuh," kata A'yun (20) wakil ketua Komunitas Suling Angklung Nusantara (KSBN) Yogyakarta kepada brilio.net, Kamis (10/8).

A'yun menambahkan bahwa ia dan rekan komunitasnya pernah memberikan semacam pelatihan memainkan suling ke anak taman kanak-kanak (TK), bahkan pernah juga pelatihan di pasar. Meskipun anggota saat ini yang bergabung di dominasi oleh anak kampus, tidak jarang ada anak sekolah dan juga ibu rumah tangga yang juga mendaftar untuk belajar suling.

Jangan cuma joget, cobalah juga belajar main suling ke komunitas ini

Loading...

Bagi mahasiswi asal Lumajang, Jawa Timur ini, salah satu bentuk melestarikan alat musik warisan budaya dengan cara belajar untuk memainkannya, kemudian mengajarkannya kepada orang lain. Cara terbaik untuk melestarikan suling bambu atau alat musik etnik apapun adalah dengan niat belajar dan mengajarkannya kepada orang lain.

KSBN pun memberikan tips singkat bagaimana memainkan lat musik yang identik dengan musik dangdut ini. Secara umum memainkan suling susah-susah gampang, intinya mau serius belajar untuk bisa. Langkah-langkah berikut ini bisa kamu coba.

Jangan cuma joget, cobalah juga belajar main suling ke komunitas ini

1. Tempatkan jari manis tangan kanan di lubang terbawah, tutup rapat dan seterusnya dengan jari berikutnya

2. Tempatkan jari manis tangan kiri di lubang nomer tiga dari atas dan seterusnya sampai dengan jari berikutnya

3. Pastikan ke-enam lubang tertutup rapat dengan baik, lalu mulailah kamu meniup dan mengurutkan nada O (lubang tutup semua), nada 1 (lubang dibuka satu dari bawah dan seterusnya)

4. Coba mainkan lagu sederhana dengan nada sederhana sebagai aplikasi dasar

5. Coba mainkan lagu yang lain dengan melodi yang berbeda dengan olah napas dan perasaan

6. Ajak dan ajarkan ke orang lain untuk belajar meniup dan memainkan suling bambu.