Brilio.net - Bulan suci Ramadan telah tiba. Meski hadir setiap tahun, Ramadan selalu menghadirkan suasana yang berbeda. Ramadan juga seringkali menyisakan kenangan-kenangan manis yang takkan terlupakan, termasuk momen ketika kita masih belajar berpuasa.

Kala itu, kamu akan mulai dikenalkan dengan namanya puasa oleh orangtuamu. Karena puasa sampai maghrib dirasa memberatkan untuk anak kecil, puasa bedug pun bisa menjadi alternatif dalam pembelajaran berpuasa. Maka muncullah istilah-istilah unik yang akan membuatmu tertawa sendiri jika mengingatnya. Apa saja?

1. Puasa Bedug

Istilah puasa ini pasti pernah kamu alami sewaktu kecil

Puasa bedug merupakan istilah puasa yang dikerjakan mulai sahur dan berbuka saat adzan dhuhur. Puasa kemudian dilanjutkan kembali hingga waktu maghrib tiba. Lucunya, durasi waktu berbuka saat dhuhur biasanya ditandai dengan akhir adzan atau kumandang iqomah. Apakah kamu pernah mengerjakan puasa bedug?

2. Mokel

Istilah puasa ini pasti pernah kamu alami sewaktu kecil

Jika kamu mengenal puasa bedug, kamu pasti tidak asing dengan istilah mokel. Mokel artinya membatalkan puasa secara diam-diam karena suatu hal. Misalnya saja, sehabis sholat subuh, kamu dan teman-temanmu asyik bermain sepakbola hingga lupa bahwa kamu sedang berpuasa. Karena rasa haus tak lagi tertahankan, kamu pun akhirnya tergoda untuk mokel dengan menenggak air putih dari kulkas. Kamu pernah mengalami, kan? Hayo ngaku!

3. Puasa Ashar

Istilah puasa ini pasti pernah kamu alami sewaktu kecil

Suatu ketika temanmu berkata, "Aku kemarin puasa penuh, lho!" Karena merasa tertantang, kamu yang biasanya puasa bedug memutuskan untuk berpuasa penuh. Namun saat waktu ashar tiba kamu merasa kecapekan, haus, dan lapar karena keasyikkan bermain. Dalam keadaan kepepet, kamu kemudian berpikir, "Kalau ada puasa bedug, berarti ada puasa ashar dong?" Meski tak setenar puasa bedug, istilah ini memang ada dan pernah dialami oleh sebagi orang saat masa kecil. Kamu gimana?

4. Imsak = Berhenti makan

Istilah puasa ini pasti pernah kamu alami sewaktu kecil

"Kalau sudah imsak, nggak boleh makan!" Pernahkah orangtuamu bilang seperti itu? Imsak merupakan penanda waktu subuh sudah dekat. Itu artinya, waktu berpuasa akan segera tiba. Imsak biasanya dikumandangkan 10 menit sebelum adzan subuh. Jadi, imsak bukan berarti berhenti makan ya, tapi penanda untuk mengakhiri santap sahur dan persiapan memulai ibadah puasa.

BACA JUGA:

Evolusi hijab dari masa ke masa di Indonesia, cantik dan bikin gemes

Ini proses pengamatan bulan untuk menentukan awal Ramadan dan Syawal

Ini kota di Amerika yang menerapkan hukum syariah Islam

Ini dia sahur ala anak kos masaknya pakai rice cooker dan setrikaan

Belajar keteguhan hati dari Bilal, budak yang jadi muazin pertama

Ini rentang waktu puasa di seluruh dunia, paling lama 22 jam