Brilio.net - Tak terasa perhelatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tinggal menghitung jam saja. Besok, Selasa (9/6) SBMPTN dilaksanakan serentak di berbagai universitas negeri untuk memperebutkan puluhan ribu kursi.

Nah apa saja yang harus dipersiapkan bagi kamu yang besok melaksanakan SBMPTN? Berikut brilio.net beri tips-tips agar kamu siap menghadapi.

1. Cek lokasi ujian
Ini yang paling penting, gak mau dong kamu gagal ujian gara-gara telat mencari lokasinya? Nah sehari sebelumnya kamu harus mengecek di mana lokasi ujian kamu.

Tak hanya sampai di universitasnya kalau perlu sampai fakultasnya, karena yang namanya universitas itu besar sekali lho. Selain itu kamu juga harus memastikan kelas tempat kamu ujian, ada di lantai berapa dan bagaimana cara untuk mencapai kesana.

2. Tidur dan istirahat cukup
H-1 harusnya kamu habiskan waktumu untuk istirahat, buat dirimu rileks. Jangan terlalu memforsir waktumu untuk belajar karena bisa bikin kamu pusing, ujung-ujungnya bisa sakit nanti. Sebaiknya malah kamu tidur lebih awal sekitar pukul 20.00 WIB agar bisa bangun subuh sehingga bisa menghirup udara segar dan menjadikan pikiranmu menjadi fresh kembali.

3. Siapkan apa saja yang harus dibawa ke tempat tes
Hal-hal kecil perlu kamu perhatikan dengan betul sangat menjelang tes. Malam sebelum tidur kamu harus sudah memasukkan semua barang ke tas.

Seperti pensil 2B, pulpen, rautan, penghapus dan tentu saja kartu ujian. Jangan membawa buku soal-soal ujian karena itu akan memberatkanmu, bawa saja catatan-catatan kecil yang bisa kamu baca sewaktu-waktu menjelang ujian.

4. Datang ke lokasi ujian satu jam sebelumnya
Ujian biasanya diadakan di universitas negeri yang berada di kota-kota besar. Macet sudah pasti menjadi momok yang akan menghambat ujianmu.

Lebih baik kamu datang pagi sekali satu jam sebelum ujian untuk menghindari macet. Waktu satu jam di lokasi bisa kamu gunakan untuk melihat kelas, menyapa sesama peserta atau membaca kembali catatan kecil kamu.

5. Sarapan
Ini juga yang paling penting, meski kamu merasa tidak lapar kamu wajib untuk sarapan yang bergizi. Fatal jadinya jika kamu kelaparan di tengah ujian dan membuatmu kehilangan konsentrasi.

Meski begitu kamu juga harus mengatur sarapanmu, makanlah makanan bergizi dengan karbohidrat yang cukup. Jangan sampai makan berlebih yang akan menyebabkanmu malah ngantuk nanti di kelas.

6. Berdoa dan minta restu keluarga
Usaha sudah kamu lakukan yang terakhir tinggal berdoa dan berpasrah saja kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu sempatkanlah telepon orangtua maupun keluargamu di rumah sebelum ujian untuk mendapat restu. Kalaupun gagal yang penting kamu sudah berusaha dengan maksimal.

BERITA SBMPTN LAINNYA:

Tata cara SBMPTN 2015 yang perlu kamu perhatikan supaya sukses

Mau ikut SBMPTN 2015? Kamu perlu cek jadwalnya dulu di sini

Ini tips untuk bantu kamu lolos SBMPTN

BACA JUGA:

Begini cara kerja alat penjual bensin eceran Pertamini

Inilah asal usul kenapa huruf pada keyboard tidak urut abjad!

Ini dia 5 foto hidangan terakhir permintaan para terpidana mati

Kisah perjuangan Martini, dari tukang sayur menjadi eksportir sukses

HOT NEWS:

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Kemegahan gedung Garuda ini tinggal kenangan, kini rata dengan tanah

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut