Brilio.net - Katanya sih masuk perguruan tinggi negeri itu kebanggaan. Dan salah satu cara supaya bisa diterima di perguruan tinggi negeri adalah dengan mengikuti ujian SBMPTN.

Nah, SBMPTN sendiri sifatnya fleksibel, lho. Artinya kamu bisa memilih beberapa perguruan tinggi negeri lintas wilayah. Jadi kalau lulus SBMPTN, artinya kamu berkesempatan untuk berkuliah di PTN pilihanmu itu. Seneng kan?

Tapi masih bingung gimana cara mendaftarnya? Eits.., nggak usah sedih juga keleus. Nih, tata cara pendaftaran SBMPTN 2015 yang dikutip brilio.net dari laman resmi SBMPTN 2015, Rabu (6/5):

1. Persyaratan peserta

Kamu yang lulus di tahun ini atau maksimal dua tahun sebelum tahun ini, yaitu lulusan 2013 dan 2014, bisa mengikuti SBMPTN 2015. Jangan lupa siapkan ijazahmu ya sebagai syarat pendaftarannya. Buat kamu yang lulus di tahun ini, kamu cukup menyiapkan Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang dilengkapi dengan data diri, foto terbaru, dan cap legalisir dari sekolah kamu.

Loading...

2. Pendaftaran online

Pendaftaran online SBMPTN 2015 dibuka mulai mulai 11 Mei 2015 pukul 08.00 WIB sampai dengan 29 Mei pukul 22.00 WIB. Untuk mendaftar, kamu bisa masuk ke http://pendaftaran.sbmptn.or.id. Video tata cara pengisian pendaftaran bisa kamu unduh di http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 5 Mei 2015. Pelajari dengan benar ya, supaya nggak terjadi kesalahan saat mendaftar.

3. Pilihan jurusan dan kampus

Kalau kamu hanya memilih satu program studi (jurusan), kamu bisa memilih PTN mana pun di seluruh Indonesia. Jika memilih dua, salah satu kampus yang kamu pilih mesti berasal dari provinsi yang sama dengan SMA asal kamu. Pikirkan matang-matang ya urutan prioritas prodi kamu. Jangan asal milih, apalagi ngitung kancing.

4. Ujian tertulis

Ujian tertulis SMBPTN 2015 terdiri dari tiga tes, yaitu Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Saintek, dan Tes Kemampuan Dasar Soshum. Kamu boleh memilih maksimal tiga prodi, dengan beberapa ketentuan. Jika prodi yang kamu pilih semuanya dari kelompok saintek, maka kamu hanya akan mengikuti ujian saintek saja. Sama halnya jika prodi yang kamu pilih adalah kelompok soshum, kamu cuma hanya mengikuti ujian soshum saja. Tapi, kalau prodi yang kamu pilih dari kedua kelompok tersebut, kedua tes, baik saintek maupun soshum harus kamu ikuti dua-duanya.

5. Ujian keterampilan

Ujian Keterampilan diikuti oleh peserta yang memilih progam studi seni dan olahraga. Kalau kamu memilih jurusan ini, pastikan jadwalnya, sebab pada tanggal tersebut kalian akan mengikuti ujian yang terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan seni. Sedangkan bagi kamu yang memilih prodi olahraga, kamu akan menjalani pemeriksaan kesehatan, tes kesegaran jasmani, dan keterampilan dasar olahraga.

6. Biaya SBMPTN 2015

Selain hal-hal penting di atas, biaya pendaftaran SBMPTN 2015 juga mesti kamu perhatikan. Tahun ini dan tahun sebelumnya, panitia mematok harga sebesar Rp 100 ribu untuk setiap pendaftar dan setiap program SBMPTN 2015 yang dipilih; IPA, IPS atau IPC, semua sama.

Biaya ini bisa kamu bayarkan melalui Bank Mandiri atau BNI. Kamu sudah bisa mulai membayar setelah kamu mendapatkan kode pembayaran pada slip biaya seleksi yang kamu dapatkan setelah pendaftaran online.

Selamat berjuang!