Brilio.net - Kurma adalah makanan yang umumnya kita temui pada bulan Ramadan. Kurma ini bagus dimakan ketika berbuka puasa karena mengandung zat gula yang bisa dengan cepat diubah oleh tubuh menjadi energi. Dan tahukah kamu, ternyata kurma memiliki biji yang bisa dimanfaatkan menjadi minuman sejenis kopi?

Caranya cukup simpel. Biji kurma dicuci dan dikeringkan, lalu jemur hingga kering. Lalu biji kurma disangrai hingga hitam, setelah kering ditumbuk hingga berbentuk serbuk seperti bubuk kopi. Bubuk biji kurma pun siap untuk diseduh.

Lantas ada kandungan apa dalam "kopi" biji kurma? Hal ini dibahas oleh Yusuf Al-Hajj Ahmad dalam buku Islamic Medicine. "Kopi" ini bisa memberikan tenaga pada peminumnya. Juga dapat digunakan sebagai bumbu campuran untuk daging yang bisa menjadikan daging menjadi lembut. "Kopi" ini bisa dimanfaatkan sebagai lulur dengan dicampurkan minyak zaitun dan madu terlebih dahulu. Manfaat penting lain, dapat mengatasi masalah kebotakan hanya dengan mencampurkan bubuk biji kurma tersebut dengan minyak zaitun.

Jadi, tertarik mencoba membuat "kopi" biji kurma yang kaya manfaat ini?

BACA JUGA:

Loading...

Anak tukang tambal ban ini hanya butuh 16 bulan hafal al quran 30 juz

Luna si kuda pustaka keliling 3 desa di Gunung Slamet pinjamkan buku

Keikhlasan bocah autis bantu ibunya jualan kaset pita jadul

Teman alami gangguan penglihatan, Sadiyah ciptakan meja baca pintar

Pelajar ini 3 tahun menggendong temannya yang cacat ke sekolah