×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini lho bocoran rahasia menyeduh kopi yang nikmat

View Image

0

BRILIO » News

Ini lho bocoran rahasia menyeduh kopi yang nikmat

Kebanyakan orang segera menjerang kopi dengan air mendidih yang baru turun dari kompor, padahal hal tersebut tidak dianjurkan.

23 / 11 / 2015

Brilio.net - Semua orang bisa membuat secangkir kopi, tapi tidak semua orang bisa lho menyeduh secangkir kopi yang nikmat. Sebab, selain takarannya yang harus pas, membuat kopi itu juga mennggunakan feeling. Selain itu juga ada langkah-langkah tertentu agar kopi buatanmu bisa lebih nikmat. Nah, setelah berbincang-bincang dengan Nicholas Deni, barista Coffee Road, Sabtu (21/11), ini lho bocoran rahasianya biar kopimu bisa lebih nikmat dan lebih sehat.

Selama ini, kebanyakan orang segera menjerang kopi dengan air mendidih yang baru turun dari kompor, padahal hal tersebut tidak dianjurkan. "Kalau langsung menuang air mendidih ke dalam kopi, kopi malah akan hancur dan hal itu menghilangkan cita rasa asli kopi," ujar Deni.

Menurutnya, ada dua cara yang lebih tepat dilakukan. Pertama, diamkan air mendidih sekitar dua hingga tiga menit untuk menurunkan suhunya. Kedua, air mendidih harus disaring terlebih dahulu. Jika tidak dilakukan penyaringan, maka kopi akan terkontaminasi bakteri di dalam air walaupun sebelumnya sudah dididihkan. "Sedikit saja tercampur bakteri, maka rasa kopi sudah tidak sama lagi," lanjut dia.

Deni menjelaskan proses pembuatan kopi yang benar agar bisa dinikmati dimana saja. Pertama kali, air yang sudah mendidih dituang ke gelas berisi gula, yang belum diberi kopi. Hasilnya adalah air gula yang porsinya sesuai kebutuhan kamu. "Air panas yang dimasukkan ke gelas berisi gula akan membuat rasa manis gula tidak setajam ketika berpadu dengan kopi bubuk," terang mahasiswa jurusan Pertanian ini.

Jika sudah dituang ke dalam gelas berisi gula, maka langkah selanjutnya adalah menuangkan air panas berisi gula tersebut ke dalam gelas yang masih baru. Gunakan saringan untuk menuangkannya.

Loading...

Terakhir, tuangkan air gula ke dalam gelas berisi kopi. Jangan lupa saring kembali, kamu tidak perlu ampasnya saat menikmati kopi. Deni menambahkan, cara ini memungkinkan kamu bisa menikmati cita rasa kopi sesungguhnya. "Dengan dilakukan proses penyaringan beberapa kali, maka saat minum kopi tidak akan merasa mual sebab kadar kafein di dalam kopi sudah terkikis, kalau mau lebih sehat lagi bisa ditambahkan susu," pungkasnya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    50%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more