Brilio.net - Soal tentang kapan ulang tahun Cheryl bukanlah soal matematika biasa. Soal yang diunggah oleh Kennet Kong tersebut merupakan salah satu soal yang muncul dalam ajang Singapore and Asian Schools Math Olympiad (SASMO). Ajang tersebut dilaksanakan pada 8 April 2015. 

Ini kunci jawaban soal Matematika anak Singapura yang hebohkan dunia

BACA: Soal matematika anak SMP di Singapura ini hebohkan dunia

Dalam akun Facebooknya, Kenneth mendapatkan jawaban dari soal tersebut melalui pihak SASMO. Selain itu dia juga meminta maaf kepada netizen yang dibuat kebingungan dengan soal tersebut. Pingin tahu seperti apa jawabannya? Simak penjelasan berikut ini. 

Dari 10 kemungkinan jawaban, rentang tanggalnya antara 14 hingga 19. Jika kamu perhatikan, tanggal 18 dan 19 muncul hanya sekali. Jika hari lahirnya Cheryl diprediksi antara 18 atau 19, maka Bernard  akan tahu kapan Cheryl lahir karena Cheryl sudah mengatakan kepadanya kapan dia ulang tahun. 

Loading...

Tetapi, mengapa Albert tahu kalau Bernard tidak tahu tanggal lahirnya Cheryl? 

Jika Cheryl memberi tahu Albert bahwa lahir di bulan Mei atau Juni, maka kemungkinannya dia lahir pada tanggal 19 Mei atau 18 Juni. Artinya Bernard bisa saja tahu kapan ulang tahunnya Cheryl. Kenyataannya adalah Albert tahu bahwa Bernard tidak tahu kalau Cheryl mengatakan kepadanya bahwa dia bisa saja lahir di bulan Juli atau Agustus. 

Awalnya, Bernard tidak tahu kapan Cheryl lahir tapi bagaimana dia tahu setelah perkataan Albert muncul di awal dalam dialog di soal?

5 Tanggal yang tersisa pada bulan Juli dan Agustus berkisar antara 15 sampai 17, dan tanggal 14 disebutkan dua kali dari pilihan jawaban pada soal. 

Bila Cheryl mengatakan kepada Bernard hari ulang tahunnya jatuh pada tanggal 14, maka Bernard tidak akan tahu hal tersebut. Kenyataannya adalah Bernard tahu bahwa tanggal lahirnya tidak jatuh pada tanggal tersebut. Jadi, masih ada 3 sisa kemungkinan jawaban: 16 Juli, 15 Agustus, dan 17 Agustus. 

Setelah Bernard muncul dalam dialog di soal, Albert tahu kapan Cheryl lahir. Seandainya Cheryl memberi tahu Albert bahwa dia lahir di bulan Agustus, maka Albert tidak mungkin tahu karena ada dua kemungkinan tanggal dalam bulan tersebut. 

Kesimpulannya, Cheryl lahir pada 16 Juli.

Ini kunci jawaban soal Matematika anak Singapura yang hebohkan dunia

BACA JUGA:

Dihujat netizen soal busana Jawa, Dewi membela diri

Ini alasan kamu tak perlu persoalkan dokter kandungan lelaki

6 Mitos soal kopi yang bikin kamu sering sesat pikir

Kamu bisa belajar persoalan hidup dari 8 tokoh kartun terkenal ini