Brilio.net - Indonesia termasuk negara yang beruntung karena menjadi salah satu dari 30 negara yang dapat menyaksikan gerhana matahari total. Masyarakat Indonesia dapat menikmati fenomena alam langka detik demi detik tertutupnya matahari oleh bayangan bulan. Nah, sudah siapkah kamu menyaksikan proses gerhana matahari ini?

Dalam menyaksikan gerhana matahari dibutuhkan kacamata khusus atau sering disebut kacamata gerhana. Fungsinya untuk melindungi matamu dari paparan cahaya matahari secara langsung.

Ini cara mudah dan murah bikin kacamata gerhana matahari, brilio!

Di pasaran harga kacamata gerhana berkisar Rp 35.000 hingga Rp 50.000. Harga yang cukup mahal untuk sekali pakai ya. Namun jangan khawatir, sebab kamu bisa membuat kacamata gerhana sendiri, lho. Bermodalkan kertas manila, klise foto bekas, pita, lem dan gunting kamu bisa menciptakan kacamata gerhana versi kamu.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Langkah pertama, buatlah pola kacamata pada kertas manila lalu gunting mengikuti pola. Tempelkan klise pada bagian pola mata dan beri pengait dengan pita pada bagian belakangnya. Setelah itu kamu sudah siap untuk menikmati sensasi gerhana matahari total dengan nyaman, selamat mencoba ya!

(brl/fen)