Brilio.net - Gerhana matahari total adalah peristiwa langka yang terjadi. Sejumlah ahli memperkirakan, peristiwa tersebut akan terjadi besok Rabu (9/3). Indonesia bisa dibilang negara yang beruntung karena kebagian bisa menyaksikan peristiwa langka tersebut. Kendati tidak semua daerah, semua orang pasti ingin mengabadikan momen langka ini.

Tapi bagaimana kita bisa mengabadikannya dengan kamera smartphone? Yuk, kita pelajari caranya yang dilansir brilio.net, Selasa (8/9) dari situs mirror.co.uk.

Sekarang ini kamera yang melekat pada smartphone bisa dibilang sudah sangat baik. Perangkat seperti iPhone 6, Samsung Galaxy S5, Sony Xperia Z3, dan HTC One M8 semua mengambil gambar dengan fantastis. Gerhana matahari adalah peristiwa langka, merupakan tantangan unik ini yang memang sangat sulit untuk foto.

Nah, berikut adalah cara agar kamu bisa memaksimalkan kamera smartphone-mu selama berlangsungnya peristiwa gerhana matahari.

1. Lindungi matamu

Loading...

8 Tips hasilkan foto keren gerhana matahari dengan kamera smartphone foto: hartlepoolmail.co.uk

Jangan melihat Matahari secara langsung. Hal ini mungkin terdengar berlebihan. Sebab, gerhana matahari dapat menyebabkan kerusakan permanen pada penglihatanmu. Meski terlihat di layar smartphone-mu tidak akan merusak matamu, lapisan kamera ke arah matahari kemungkinan berisiko untuk penglihatanmu. Pakailah kacamata dan berdiri di sisi yang aman saat melihat gerhana matahari tersebut.

2. Maksimalkan kemampuan smartphonemu

8 Tips hasilkan foto keren gerhana matahari dengan kamera smartphone foto: fremantle.wa.gov.au

Kebanyakan smartphone memiliki sensor kecil dan lensa kecil dengan sudut yang lebar, sehingga kamu jangan berharap memotret gerhana matahari dengan frame penuh dan detail gerhana matahari terlihat jelas.

"Seringkali ketika orang berpikir tentang memotret gerhana mereka memikirkan hal-hal yang mereka lihat di National Geographic, tetapi untuk itu kamu membutuhkan lensa tele yang panjang yang tak dimiliki telepon genggammu," jelas fotografer Dan Rubin.

Alih-alih untuk mendapatkan foto yang seperti itu, mending kamu menangkap foto di daerah bawah gerhana.

3. Pilih objek yang kamu inginkan

8 Tips hasilkan foto keren gerhana matahari dengan kamera smartphone foto: androidout.com

Jika bisa, pilihlah tempat terbuka seperti ladang dengan beberapa hewan lepas seperti kuda, sapi, atau kerbau. Dan potret bagaimana perubahan mereka ketika terjadi gerhana matahari. Jadikan gerhana matahari sebagai bingkai peristiwa tersebut.

"Meskipun matahari akan menjadi titik kecil-kecil, kamu pasti akan mendapatkannya," kata Rubin.

4. Buatlah rencana

8 Tips hasilkan foto keren gerhana matahari dengan kamera smartphone foto: mirror.uk

Ada banyak informasi yang yang memungkinkan kamu tahu dengan pasti di mana dan kapan gerhana matahari akan berlangsung. Rubin menyarankan, kamu harus lebih dulu ke tempat tersebut dan mengambil satu atau dua gambar untuk mengetes hasilnya sebelum kamu siap mengambil gambar saat gerhana matahari berlangusng.

5. Gunakan tripod

8 Tips hasilkan foto keren gerhana matahari dengan kamera smartphone foto: business2community.com

Jika kamu ingin mendapatkan gambar yang stabil, kamu bisa menggunakan tripod.

6. Buatlah Timelapse

8 Tips hasilkan foto keren gerhana matahari dengan kamera smartphone foto: .huffingtonpost.co.uk

Cahaya yang luar biasa adalah yang membuat gerhana matahari menjadi istimewa.  Kamu bisa mengambil beberapa foto secara berkala dapat menangkap seluruh hal yang lebih baik daripada hanya satu foto.

"Timelapses adalah campuran yang indah antara fotografi dan video yang akan menangkap perubahan cahaya," kata Raobin.

Ada sejumlah aplikasi untuk pengambilan video Timelapse seperti salah satunya Framelapse.

"Mulai sekitar setengah jam sebelum gerhana, tangkap gerakan awan, gerakan bayangan dan cahaya utama perubahan  dari gerhana," petunjuk Robin.

7. Pertimbangkan untuk menambah lensa

8 Tips hasilkan foto keren gerhana matahari dengan kamera smartphone foto: mirror.uk

Ada sejumlah lensa aksesori yang dapat kamu tambahkan ke smartphone-mu, seperti Olloclip, yang bertindak sebagai lensa tele Mini.

"Kamu memang tak akan mendapatkan gambar yang lebih dekat ke gerhana, tapi akan memungkinkan mendapat bingkai yang sedikit berbeda," kata Rubin.

8. Cobalah dengan pengambilan gambar yang lebih kreatif

8 Tips hasilkan foto keren gerhana matahari dengan kamera smartphone foto: mirror.uk

"Mengapa tidak ada yang berpikir tentang menembak potret seseorang dalam cahaya yang berbeda?" tanya Rubin. Hal ini memang membutuhkan sedikit rencana dan kreativitas dalam pengambilan foto. "Banyak orang yang tidak berpikir aneh-aneh dalam mengambil foto, memanfaatkan cahaya halus dari gerhana matahari."