Brilio.net - Duka menyelimuti kota mode, Paris, Prancis. Rangkaian teror berupa penembakan dan ledakan bom terjadi di enam lokasi dalam waktu yang hampir bersamaan, Jumat (13/11) waktu setempat.

#PrayForParis pun menjadi trending topic dunia, baik di situs berita maupun sosial media. Dunia ikut berduka karena serangan brutal yang menewaskan sedikitnya 158 orang itu.

Ini 6 lokasi yang diserang kelompok teroris di Paris

Berikut adalah 6 titik lokasi yang diserang oleh kelompotan teroris itu seperti dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (14/11).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Gedung Konser Bataclan

Ini 6 lokasi yang diserang kelompok teroris di Paris

foto: http://www.nytimes.com

Gedung Konser Bataclan adalah salah satu gedung terbesar di Kota Paris, Prancis. Gedung Konser The Bataclan yang terletak di Voltaire Blvd itu dibangun pada 1864. Gedung yang memiliki auditorium berbentuk tapal kuda dan bergaya pagoda itu mampu menampung sekitar 1.500 orang. Saat penyerangan terjadi, di Gedung ini tengah berlangsung konser grup band rock asal Amerika Serikat Eagles Of Death Metal. Setidaknya ada 112 orang dinyatakan tewas dan ratusan lainnya dalam kondisi kritis dan luka-luka akibat serangan tembakan dan lemparan sejumlah granat Jumat (13/11) malam.

2. Restoran Le Petit Cambodge

Ini 6 lokasi yang diserang kelompok teroris di Paris

foto : http://www.nytimes.com

Le Petit Cambodge adalah restoran Kamboja yang cukup terkenal di pusat Kota Paris. Restoran ini berada di kawasan Bastille di Rue Bichatat, 8 kilometer dari Stade de France. Restoran ini, menjadi favorit para wisatawan saat berkunjung di Paris karena letaknya tepat di pertemuan antara districk 10 dan districk 11. Setidaknya ada 14 orang tewas serta puluhan luka-luka dan kritis dalam serangan teror di tempat itu.

3. Bar Le Carillon

Ini 6 lokasi yang diserang kelompok teroris di Paris

foto: http://www.nytimes.com

Bar Le Carillon berjarak cuma sekitar 8 km dari stadion, Stade de France. Bar Le Carillon berdekatan dengan Restoran Le Petit Cambodge yaitu di bantaran Sungai Seine, Paris tengah. Paling tidak ada empat orang tewas di lokasi akibat penembakan dari kelompok teroris.

4. Bar La Belle Equipe

Ini 6 lokasi yang diserang kelompok teroris di Paris

foto: cnn.com

Restoran lainnya yang tidak luput dari serangan kelompok teroris di Paris, Prancis pada Jumat (13/11) malam waktu setempat adalah Bar La Belle Equipe. Bar La Belle Eqippe berada di distrik 11 dan tidak jauh dari gedung konser Bataclan. Bar La Belle Equipe menyediakan banyak varian menu makan pagi hingga makan malam, serta memiliki varian wine yang paling komplit di Paris. Selain itu juga akan selalu menampilkan berbagai hiburan seperti pameran dan konser berbeda sepanjang tahun. Sedikitnya 19 korban tewas akibat serangan tembakan dari sekelompok orang tidak dikenal malam itu.

5. Area sekitar Stadion Stade de France

Ini 6 lokasi yang diserang kelompok teroris di Paris

foto: cnn.com

Malam itu sedang berlangsung pertandingan laga antara Timnas Prancis melawan Timnas Jerman. Bahkan Presiden Prancis, Francois Hollande, juga menyaksikan langsung pertandingan ini. Area di sekitar Stadion Stade de France adalah sebagian besar restoran, bar hingga butik. Area ini selalu dipenuhi oleh wisatawan yang berkunjung ke Paris. Setidaknya ada dua kali ledakan bom yang didengar dari restoran yang berada di dekat stadion. Dari ledakan bom tersebut, setidaknya ada empat orang tewas.

6. Pusat perbelanjaan Les Halles

Ini 6 lokasi yang diserang kelompok teroris di Paris

foto: cnn.com

Les Halles adalah pusat perbelanjaan yang diresmikan sebagai daerah perbelanjaan utama pada abad XX. Les Halles, menempati area yang sangat luas dan menjadi salah satu pusat perbelanjaan paling terkenal di Kota Paris. Aneka produk dengan merek-mereka terkenal Paris hingga karya-karya desainer muda Prancis dijual di sana. Kawasan ini juga tidak luput dari serangan para teroris. Setidaknya terdengar tiga kali tembakan, namun belum dilaporkan ada korban jiwa.

(brl/pep)