Brilio.net - Kamu semua pasti sudah mengetahui bahwa dehidrasi memiliki dampak buruk bagi kesehatan seseorang. Dehidrasi selain dapat menimbulkan masalah untuk pencernaan, juga akan menimbulkan masalah bagi ginjal, bahkan juga sakit kepala.

Maka dari itu sebisa mungkin kita harus mengonsumsi air sebanyak kita menghirup udara untuk bernafas. Berikut ada 11 penjelasan mengapa dehidrasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan seseorang dilansir brilio.net dari themindunleashed.org, Minggu (3/5):

1. Kelelahan

Air merupakan sumber energi yang cukup vital bagi tubuh seseorang. Dehidrasi dapat menyebabkan menurunnya aktivitas enzim dalam tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah.

2. Asma dan alergi

Loading...

Saat seseorang mengalami dehidrasi, tubuhnya akan menghalangi organ yang berfungsi untuk mengatur keluar masuknya udara guna menjaga jumlah cairan yang tersimpan dalam tubuh. Selain itu, produksi histamin (bahan kimia yang akan dilepaskan selama reaksi alergi) juga akan meningkat.

3. Kolesterol meningkat

Saat tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan menghasilkan lebih banyak kolesterol guna mencegah berkurangnya kandungan air dalam sel-sel pada tubuh.

4. Masalah ginjal dan kandung kemih

Dalam tubuh yang mengalami dehidrasi, terdapat akumulasi jumlah racun dan asam yang dapat menyebabkan kondisi dimana bakteri dapat berkembang. Hal itulah nantinya yang membuat ginjal dan kandung kemih menjadi gampang terserang penyakit dan mengalami inflamasi.

5. Konstipasi

Ketika tubuh hanya memiliki cadangan air yang sedikit, otomatis organ tubuh yang membutuhkan cairab akan mengambil cairan tadi dari organ tubuh lain. Dengan jumlah cairan yang sedikit tersebut nantinya kotoran dalam tubuh tidak akan menuju saluran pembuangan secara normal dan inilah penyebab konstipasi terjadi.

6. Nyeri sendi

Dalam tubuh manusia terdapat sendi dan juga tulang rawan yang membutuhkan cukup cairan. Dan ketika tubuh mulai merasa dehidrasi, kekuatan tulang rawan akan mulai melemah dan sendi juga akan mulai merasa sakit dan nyeri.

7. Kegemukan

Saat tubuh mengalami dehidrasi, sel dalam tubuh akan mengalami kekurangan energi. Hal ini yang kemudian membuat seseorang cenderung lebih banyak makan, padahal sesungguhnya tubuh mereka haus.

8. Penuaan dini

Tubuh yang mengalami dehidrasi menyebabkan organ-organ di dalamnya mengalami penurunan performa. Salah satunya adalah organ yang paling besar, yaitu kulit yang nantinya akan mulai mengalami kerutan.

9. Tekanan darah tinggi

Ketika jumlah cairan tubuh terpenuhi, secara normal darah dalam tubuh akan mengandung sebanyak 92% cairan. Ketika dehidrasi melanda, darah dalam tubuh menjadi lebih kental dan menyebabkan sulitnya darah untuk mengalir dan hal ini menyebabkan naiknya tekanan darah.

10. Masalah kulit

Terjadinya dehidrasi dapat menyebabkan racun dalam kulit tidak dapat disingkirkan dengan baik dan menyebabkan terjadinya masalah pada kulit, seperti halnya dermatitis dan proriasis, serta kerutan dan juga warna kulit menjadi tidak merata.

11. Masalah pencernaan

Kurangnya jumlah cairan dalam tubuh dan mineral alkalin dalam tubuh yang nantinya dapat menimbulkan beberapa masalah pencernaan.