Brilio.net - Warga Bantul, DI Yogyakarta diresahkan dengan pesan berantai yang menyebutkan banyak cacing yang keluar dari tanah. Pesan tersebut menjadi heboh lantaran dikaitkan sebagai pertanda akan terjadinya gempa seperti yang terjadi pada gempa Bantul 2006 silam.

Pesan singkat yang muncul berisi: Hanya untuk waspada, baru dicek kebenarannya. "Buat teman2 yg di jogya ada ngak yg tinggal di dekat bantul, ini ada info dari teman ku yg anggota Basarnas: buat jaga2 : dari bantul merata, wilayah Berbah, Prambanan sampai Solo, ada fenomena aneh, banyak cacing keluar dari tanah dalam keadaan lemas, temanku sih sarankan siap emercency, karena dulu saat gempa terjadi seminggu setelah fenomena cacing ini juga, analisa awal, terjadi peningkatan aktifitas tektonik di jalur Subduction kidul kono, akibat terjadi pelepasan energy ke permukaan tanah, fenomena ini pernah terjadi pada tahun 2006 sebelum gempa besar di DIY / khusus nya Bantul sekitar nya."

Selain pesan berantai tersebut. Pada jejaring sosial Twitter, Selasa (2/6), Ika Yuni Lestari mengunggah foto cacing yang keluar di daerahnya.

"Banyak cacing yg mendadak keluar dari dalam tanah lokasi area Bantul, pertanda apakah ini," tulis Ika Yuni Lestari pada foto tersebut.

Aka Lukluk Firmansyah, operator Pusat Pengendalian Data Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul menyebutkan bahwa analisis dari BPBD, cacing tersebut merupakan fenomena alam biasa yang tak bisa dipastikan kaitannya dengan gempa.

"Hampir sebulan di Bantul tidak turun hujan dan baru dua hari terakhir diguyur hujan lebat. Barangkali karena itu cacing tanah banyak bermunculan," kata Lukluk kepada brilio.net, Rabu (3/6).

Heboh tiba-tiba banyak cacing keluar dari tanah!

Menurut keterangan Lukluk, daerah di Bantul yang kedapatan terjadi fenomena itu adalah daerah Piyungan, Kasihan, Sewon, Trirenggo, dan Bambanglipuro.

BPBD Bantul pun tak bisa memastikan apakah kemunculan cacing itu berkaitan dengan gempa atau tidak karena dari BPBD Bantul tak mempunyai tim khusus yang bisa meneliti fenomena tersebut.

Saat dihubungi Lukluk berpesan bahwa warga Bantul tak perlu panik karena berita tersebut. Semestinya posisi Indonesia yang terletak di daerah rawan gempa harus menjadi kewaspadaan tersendiri bagi warga, bukan cuma di Bantul tetapi juga di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?