Brilio.net - Sebuah tulisan di forum Kompasiana yang ditulis oleh Robbi Gandamana tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS) membuat heboh. Tulisan tentang salah satu profesi idaman di Indonesia ini mendapat respon yang luar biasa. Selain dibaca oleh lebih dari 114.000 orang, hampir 20.000 orang juga membagikan tulisan itu di beranda Facebook masing-masing.

Robbi mengunggah opininya itu pada Kamis (19/8) lalu dan respons pembaca sungguh beraneka ragam. Ada yang menentang, namun ada pula yang mendukung tulisan itu. Dalam tulisannya, Robbi menyoroti cita-cita anak Indonesia yang rata-rata mentok menjadi PNS. Gambar yang menyertai tulisannya itupun cukup cerdas, bagaimana ia membandingkan anak-anak di Amerika Serikat, Jepang, China dan Korea dengan cita-cita pemuda Indonesia.

PNS ia citrakan sebagai sebuah kasta tertinggi. PNS bisa mendongkrak status sosial sampai ke posisi puncak di masyarakat. Serta seakan-akan PNS menjamin hidup pasti bahagia.

Ia dengan kritis juga menyoroti sistem kerja PNS yang menurutnya memiliki durasi kerja pendek (37, 5 jam seminggu), gaji lumayan, tunjangan banyak, tanpa PHK, tanpa target, SK laku digadaikan, jaminan pensiun di hari tua dan sebagainya.

Deskripsi tentang PNS itulah yang memantik kontroversi dan memancing komentar beragam dari para pembaca. Hmm, kira-kira kamu mendukung atau menolak anggapan yang ditulis Robbi itu?

Loading...